Implementasi Media Pembelajaran Flash Card Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Paud Teddy Bear Buaran Pekalongan

Yuliana, Yuliana (2023) Implementasi Media Pembelajaran Flash Card Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Paud Teddy Bear Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2417036_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2417036_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (anak luar biasa) atau yang mempunyai kekurangan yang sering disebut penyimpangan tersebut sangat signifikan sehingga menunjukkan perbedaan yang sangat jelas dengan anak-anak normal pada umumnya. Layanan pendidikan untuk anak yang memliki kebutuhan khusus atau kelainan berbeda dengan layanan pendidikan untuk anak yang tidak memiliki kebutuhan khusus atau kelainan. Mereka juga berhak mendapatkan layanan pendidikan yang layak, agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi media pembelajaran Flash card dalam mengembangkan aspek kognitif pada siswa berkebutuhan khusus tunarungu Di PAUD Teddy Bear Buaran Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran Flash card dalam mengembangkan aspek kognitif pada siswa berkebutuhan khusus tunarungu Di PAUD Teddy Bear Buaran Pekalongan? Jenis penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data. Untuk memperoleh data mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumtasi. Menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan menggunakan media Flash Card dalam mengembangkan aspek kognitif pada siswa berkebutuhan khusus tunarungu di PAUD Teddy Bear Buaran Pekalongan. 2) Faktor Pendukung dalam kegiatan ini adalah yaitu kreativitas yang dimiliki oleh guru dengan memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik yang diseuaikan dengan kebutuan anak tuanrungu. Faktor Penghambat dalam kegiatan adalah anak yang tidak fokus ketika guru sedang menjelaskan sehingga keadaan kelas yang kurang kondusif, tingkat kemampuan dan pemahaman ysng berbeda antara anak antara anak yang satu dengan anak yang lainya, serta ketersediaan awaktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash Card, Kognitif, Tuna Rungu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:10
Last Modified: 27 Jun 2024 05:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7691

Actions (login required)

View Item View Item