Analisis konten persuasif pada media sosial youtube (channel muslim viral bugis)

Safitri, Intan Anggreaeni (2024) Analisis konten persuasif pada media sosial youtube (channel muslim viral bugis). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420002_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420002_Full Text_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Munculnya youtube beberapa kurun waktu terakhir banyak dimanfaatkan untuk mencari pundi-pundi uang melalui sistem monetisasi yang ditawarkannya. Hal tersebut tentunya menjadi problematika sendiri dalam dakwah dimana orang akan cendrung mengutamakan material dibandingkan dengan kebajikan atau eksistensi makna dakwah itu sendiri. Akan tetapi, tidak semua channel dapat dimonetisasi sehingga hal tersebut dimanfaatkan oleh para konten kreator yang lainnya untuk membuat konten yang berkenaan dengan trik monetisasi salah satunya adalah Viral Bugis. Menariknya Viral Bugis juga menyuguhkan konten persuasif yang dikemas dalam sebuah video yang berjudul “Cara Buat Konten Ceramah Lolos Monetisasi? Ternyata ini”. Konten tersebut dapat menjadi sebuah akar pengkomodifikasian agama dan menjadi hal yang problematik jika dilihat dari kacamata agama islam. Berdasarkan fenomena tersebut penulis mencoba meneliti bagaimana video tersebut digunakan oleh konten kreator lain sebagai sarana dalam memonetisasi agama. Penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang diolah melalui observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yang diteliti yaitu bagaimana konsep video konten persuasif monetisasi dakwah yang ada di youtube channel Viral Bugiz dan bagaimana video tersebut digunakan sebagai sarana pengkomodifikasian dalam agama yang ada di Viral Bugis, dan untuk mengetahui analisis bagimana video tersebut digunakan sebagai media pengkomodifikasian dalam agama. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa dalam video konten persuasif yang digagas oleh Viral Bugis tersebut terdapat beberapa konsep yang digunakan seperti pengambilan video secara langsung, penggunakan teknik pengambilan gambar medium shot, menggunakan teknik komunikasi persuasif integritas, menggunakan cuplikan video sebagai media pembelajaran, mengusung konsep video tutorial, penambahkan transisi video, hingga penggunaan thubmnail untuk menggait atensi penonton. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa video persuasif ini juga dimanfaatkan sebagai sarana pengkomodifikasian agama yang dibuktikan dari berbagai komentar konten kreator dakwah yang ada dilaman video tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurani, ShintaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konten Persuasif, Komodifikasi, Youtube
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 200 Religious Mythology, Social Theology (Mitos Keagamaan, Teologi Sosial) > 207.5 Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:33
Last Modified: 06 May 2024 08:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item