Inovasi guru pendidikan agama islam dalam pemanfaatan media pembelajaran audiovisual di SMA Islam plus al-bayan Wiradesa Kab. Pekalongan

Wibowo, Tri Suryo Hadi (2019) Inovasi guru pendidikan agama islam dalam pemanfaatan media pembelajaran audiovisual di SMA Islam plus al-bayan Wiradesa Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan. Media pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk mempermudah dalam penyampaian materi pembelajaran dengan baik. Maka tugas guru PAI adalah mampu dalam pemanfaatannya sehingga proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Khususnya media audiovisual, yang mana media audiovisual dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran, selain itu media audiovisual juga dapat memberikan gambaran/pengalaman kepada siswa secara konkrit. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, adalah 1) Bagaimana inovasi guru pendidikan agama Islam dalam pemanfaatan media pembelajaran audiovisual di SMA Islam Plus Al-Bayan wiradesa Kab. Pekalongan? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung inovasi guru PAI dalam pemanfaatan media audiovisual di PAI di SMA Islam Plus Al-Bayan Wiradesa Kab. Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran audiovisual. 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran audiovisual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, ada empat inovasi yang dilakukan oleh guru PAI, yaitu inovasi dalam penggunaan metode outdoor learning (pembelajaran diluar kelas), alat evaluasi pembelajaran interaktif, video pembelajaran powtoon dan pemanfaatan youtube untuk pembelajaran. Kedua, inovasi guru pendidikan agama Islam di SMA Islam Plus Al-Bayan dapat membuat suasana kelas kondusif dan semakin hidup. Inovasi juga dapat menambah minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan fokus dan antuasias sehingga proses pembelajaran PAI di SMA Islam Plus Al-Bayan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu inovasi guru dalam pemanfaatan media audiovisual juga dapat membentuk dan menanamkan karakter siswa yang mandiri, komunikatif dan gemar membaca. Ketiga, faktor penghambat inovasi guru dalam pemanfaatan media audiovisual yaitu kurangnya kesiapan guru dalam mendesain pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media audiovisual. Sedangkan faktor pendukungnya adalah minat siswa terhadap pemanfaatan media audiovisual adalah mendapat respon yang baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran, Media Audiovisual.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:45
Last Modified: 17 Jun 2020 07:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item