Studi komparasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dI SMP PLUS SALAFIYAH Pemalang Dan SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang

Furqon, Ahmad (2024) Studi komparasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dI SMP PLUS SALAFIYAH Pemalang Dan SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh para guru. Karena merupakan syarat utama dalam menyelenggarakan pembelajaran yang efektif bagi para siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Ada dua guru PAI yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan, yaitu sarjana pendidikan Islam dan sarjana ekonomi syariah tetapi keduanya sama-sama dituntut untuk menghasilkan generasi muda yang religius, berakhlakul karimah, dan berbudi luhur. Namun dari keduanya pasti memiliki problem yang berbeda secara signifikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Plus Salafiyah Pemalang? (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang? (3) Bagaimana perbandingan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Plus Salafiyah Pemalang dan SMP IT Tsamrotul Fuad Pemalang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kemudian Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru yang dimiliki oleh guru yang berlatar belakang sarjana pendidikan dan bukan sarjana pendidikan memiliki persamaan dan perbedaan dalam menguasai kompetensi pedagogik, dari mulai perencaanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil evaluasi belajar. Persamaan dalam perencanaan pembelajaran sudah baik dalam menyiapkan rencana perencanaan pembelajaran atau modul ajar yang sudah disesuaikan dengan materi pembelajaran dan keduanya dalam menyiapkan perangkat pembelajaran tidak di cetak hanya masih berupa soft file. Perbedaannya adalah tidak sepenuhnya menyiapkan secara lengkap dalam perangkat pembelajaran. Persamaan dalam proses pelaksanaan pembelajaran sudah baik dengan menggunakan metode dan strategi, seperti metode ceramah dan metode diskusi kelompok. Perbedaanya adalah dalam proses pembelajaran diawali dengan pembiasaan asmaul husna, pemberian reward, mengguanakan teknologi, dan beberapa metode yang lain. Persamaan dalam evaluasi hasil belajar sudah dilaksanakan dengan baik dari mulai melakukan penilaian harian, penugasan, penialaian presentasi, keaktifan anak, ulangan harian dan tes akhir. Perbedaanya adalah dalam evaluasi hasil belajar anak dikelompokan sesuai yang nilai baik dan anak dicampur menjadi satu ada yang baik ada yang kurang bertujuan untuk menerapkan tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, M, Ali198707232020121004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:04
Last Modified: 27 Mar 2024 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7746

Actions (login required)

View Item View Item