Strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan

Ghozali, Imam (2018) Strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kepribadian siswa berkembang mengikuti pertumbuhan usia dan perkembangan psikologinya. Minimnya ilmu aqidah akhlak dalam era globalisasi ini dapat menjerumuskan mereka ke dalam perbuaan negatif dan merusak seperti taawuran antar pelajar, kasus narkoba, seks bebas maupun tindak kriminal yang merupakan bagian dari kegagalan para remaja dalam menemukan jalan hidupnya yang dapat menentramkan gejolak batinnya. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini diantaranya bagaimana strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan, apa faktor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan. Tujuannya adalah untuk mendiskripsikan strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan, untuk menganalisa apa faktor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research (studi lapangan). Subjek dan sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, BK, guru aqidah akhlak dan siswa. Sedangkan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi guru Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Pekalongan menggunakan 1) strategi melalui pembiasaan, strategi melalui nasehat, dan strategi melalui keteladanan. 2) Proses guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan tidak hanya dilakukan ketika di dalam kelas dan tidak hanya menjadi tanggung jawab guru mata Pelajaran Agama Islam saja. Dan membuat program yang bertujuan untuk memberi pengaruh positif terhadap kepribadian siswa. Seperti adanya pembiasaan sholat Dhuha berjamaah, membiasakan sholat duhur berjamaah, dan berbagai kegiatan ekstra kurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak, Kepribadian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:05
Last Modified: 18 Jun 2020 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item