Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan shalat berjamaah siswa SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan

Balkis, Tarisa (2024) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan shalat berjamaah siswa SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120050_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120050_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Balkis, Tarisa. 2120050. 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ Pendidikan Agama Islam. UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Dr. Muhammad Hufron, M.S.I. Guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam pembentukan kedisiplinan peserta didik karena berperan sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing yang mengarahkan sekaligus membentuk peserta didik dalam proses belajar mengajar, di SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan ini masih banyak siswa yang malas untuk melaksanakan kegiatan Shalat Berjamaah di sekolah maupun dirumah. Dikarenakan mereka ada yang belum paham mengenai bacaan Shalat, tata cara wudhu, dan gerakan Shalat maka seorang pendidik sangat berperan dalam mengatasi permasalahan seperti kemalasan siswa dalam beribadah dan kedisiplinan siswa. Salah satu cara meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu dengan menerapkan salat berjamaah. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kedisiplinan salat berjamaah siswa? dan bagaimana peran guru PAI membentuk kedisiplinan salat berjamaah siswa SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru PAI dalam Membentuk Kedisiplinan siswa dalam Shalat Berjamaah. Sedangkan Kegunaan penelitian ini adalah sebagai acuan guru PAI, pihak sekolah dan orang tua maupun pihak lain yang berkepentingan dalam usaha membentuk kedisiplinan Shalat Berjamaah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan, sumber data Primer dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas 4,5 dan 6, untuk Informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI di SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan dalam membentuk kedisiplinan guru mempunyai peran sebagai pembimbing, sebagai korektor, sebagai motivator, sebagai fasilitator, sebagai informator. Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan, sudah sangat baik dengan menggunakan metode dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan dalam mendidik anak, seperti metode Nasihat, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian penghargaan dan hukuman. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa SDN Kuripan Lor 02 Kota Pekalongan, sudah maksimal dan membuahkan hasil yang baik. dibuktikan dengan siswa yang sudah mulai sadar mengikuti kegiatan Shalat Berjamaah tanpa disuruh oleh guru, mereka sudah bersiap-siap saat adzan dzuhur berkumandang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHufron, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kedisiplinan, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:14
Last Modified: 27 Mar 2024 04:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7791

Actions (login required)

View Item View Item