Widiah, Mita (2024) Penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dalam membangun spiritualitas peserta didik di SMA Negeri 3 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120285_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
2120285_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun spiritualitas peserta didik di era globalisasi. Maka lembaga pendidikan dipandang memiliki kedudukan yang besar dalam membangun spiritualitas dengan terus berusaha memperbaiki kurikulumnya yaitu dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Dalam rangka mengikuti kebijakan pemerintah, SMA Negeri 3 Pemalang menerapkan kurikulum merdeka dengan sebelumnya telah menggunakan kurikulum 2013 selama kurang lebih sepuluh tahun. Kurikulum merdeka merupakan penyempurna kurikulum 2013. Menjadi penyempurna tentunya memiliki persamaan dan perbedaan yang tidak terlalu kontras. Hal tersebut menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Siritualitas Peserta Didik di SMA Negeri 3 Pemalang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah. Bagaimana penerapan kurikulum 2013 dalam membangun spiritualitas peserta didik di SMA Negeri 3 Pemalang ? Bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam membangun spiritualitas peserta didik di SMA Negeri 3 Pemalang ? Apa perbedaan penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dalam membangun spiritualitas peserta didik di SMA Negeri 3 Pemalang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru pendidikan agama islam, dan peserta didik SMA Negeri 3 Pemalang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dalam membangun spiritualitas peserta didik di SMA Negeri 3 Pemalang tidak terdapat perbedaan pada indikator keimanan dan kedisplinan. Namun, terdapat perbedaan dalam membangun spiritualitas peserta didik pada indikator ethos kerja, toleransi, integritas, dan tawakal pada kurikulum merdeka dimana ethos kerja, toleransi, integritas, dan tawakal diinternalisasikan melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Membangun Spiritualitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 05:59 | ||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7796 |
Actions (login required)
View Item |