Analisis budaya populer berbasis konten sosial media: studi kasus peran sosial media terhadap pembentukan kepribadian siswa Kelas 6 SDN 02 Mayangan

Zahra, Virda Fatikhatu (2024) Analisis budaya populer berbasis konten sosial media: studi kasus peran sosial media terhadap pembentukan kepribadian siswa Kelas 6 SDN 02 Mayangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320118_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2320118_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah fenomena bahwa kerap sekali penulis jumpai siswa sekolah dasar yang sering menggunakan handphone. Tidak jarang para siswa sudah mempunyai akun sosial media yang tidak lepas dengan budaya populer. Para siswa sering mengadopsi budaya populer seperti contohnya “kamu nyenyak”, “salam dari binjai”, “alay”, “lebay” dan sederet ungkapan lainnya yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. Dengan keberagaman sosial media juga dapat menjadi peran dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar khususnya kelas 6 yang dimana usia mereka merupakan transisi ke remaja. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana bentuk budaya populer konten sosial media yang diminati siswa kelas 6 SDN 02 Mayangan dan peran konten sosial media terhadap pembentukan kepribadian siswa kelas 6 SDN 02 Mayangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisaan data. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menemukan hasil bentuk yang sering digunakan lebih ke bentuk verbal atau bentuk kata yang digunakan untuk mengekspresikan responnya pada suatu hal tertentu dalam suatu komunikasi. Selain itu juga siswa kelas 6 SD N 02 Mayangan juga gemar sekali mengikuti trend membuat konten video yang menarik lalu mereka mengunggahnya pada sosial medianya. Jarang yang mengadopsi budaya populer berupa gaya konsumtif membeli barang yang sedang viral. Dalam pembentukan karakter sosial media berperan sebagai perluasan perasaan diri; hubungan yang hangat dengan orang lain; keamanan emosional dan penerimaan diri; persepsi realistis terhadap lingkungan sekitar, insight dan humor bagi siswa. Bahwasanya peran sosial media dalam pembentukan kepribadian remaja di SD 02 Mayangan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan dan kepuasan mereka dalam mengetahui informasi mengenai sesuatu hal baik itu tentang orang lain ataupun minatnya yang mana akhirnya para remaja tersebut menghubungkan kebutuhannya dengan konten-konten yang ada di sosial media.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer, Sosial Media, Kepribadian Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:32
Last Modified: 27 Mar 2024 06:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7800

Actions (login required)

View Item View Item