Pembelajaran tahfidzul Qur’an surat Al Mursalat melalui metode pantomim pada kelas IV SDIT Permata Hati Batang tahun pelajaran 2018/2019

Yuspaeroh, Yuspaeroh (2019) Pembelajaran tahfidzul Qur’an surat Al Mursalat melalui metode pantomim pada kelas IV SDIT Permata Hati Batang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dari beberapa surat yang terdapat di juz 28 ada salah satu surat yang menurut guru dan anak didik SDIT Permata Hati Batang terlalu susah untuk dihafal. Surat Al Mursalat dianggap surat yang paling susah untuk dihafal karena bunyi ayat-ayatnya hampir sama jadi membingungkan ketika dihafal. Sehingga guru dalam menyampaikan materi hafalan surat Al Mursalat harus dengan metode yang menyenangkan. Rumusan masalah yang dikemukakan di dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran Tahfidzul Qur’an pelaksanaan metode pantomim dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an surat Al Mursalat di SDIT Permata hati Batang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Tahfidzul Qur’an Surat Al Mursalat ayat 16 sampai 38 dengan metode pantomim pada kelas IV SDIT Permata hati Batang. Sedangkan kegunaan penelitian antara lain memberikan masukan bagi guru Tahfidzul Qur’an dan siswa dalam memperbaiki proses pembelajaran, memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, menambah pengetahuan guru Tahfidzul Qur’an dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar Tahfidzul Qur’an, meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan, Bagi guru sebagai pendidik agar mampu mengembangkan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan masyarakat dalam rangka mengadakan evaluasi kepada lembaga pendidikan khususnya dalam rangka pelaksanaan proses pembelajaran hafalan Al Qur’an yang dapat menghasilkan output yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Ada dua Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primernya adalah data tentang proses pembelajaran Tahfidzul Qur’an kelas IV di SDIT Permata Hati Batang, data primer dapat diperoleh dari guru Tahfidz dan peserta didik. Data sekunder diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi sekolah. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidsul Qur’an di SDIT Permata Hati menggunakan berbagai metode antara lain metode Pantomim. Pembelajaran dengan metode pantomim disini guru memberikan pembelajaran tahfidzul Qur’an dengan gerak tangan dan ekspresi wajah serta pemberian penjelasan terlebih dahulu tentang arti ayat secara singkat disertai terus membacakan ayatnya sehingga siswa begitu semangat dalam mengikuti pembelajaran dan hasilnya pun baik, yaitu anak-anak mampu menghafal surat Al mursalat ayat 16-38 dengan lancar dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur’an, Metode pantomim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:37
Last Modified: 18 Jun 2020 04:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item