Pengembangan lembar kerja siswa bangun ruang sisi datar berbasis project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas viii MTs Nurul Islam Randudongkal

Mustaqimah, Himayah Al (2024) Pengembangan lembar kerja siswa bangun ruang sisi datar berbasis project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas viii MTs Nurul Islam Randudongkal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617006_Bab I _ Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2617006_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana prosedur pengembangan LKS, tingkat validitas, kepraktisan dan efektifitas pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Project Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal yang diharapkan produk tersebut dapat sesuai dan bermanfaat untuk peserta didik dan guru matematika. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, desain, develop, dan disseminate). Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs Nurul Islam Randudongkal. Objek penelitian adalah Siswa dipilih secara random diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan cara memberikan angket penilaian untuk menguji tingkat kevalidan. Tingkat kepraktisan dilihat dari respon siswa melalui angket. Sedangkan uji efektifitas dilihat dengan hasil test post-test yang dilakukan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 89,75% dengan kriteria sangat valid dan ahli media diperoleh rata-rata sebesar 91,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh rata-rata sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji coba LKS yaitu dari hasil posttest siswa dengan perolehan rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat efektif. maka LKS berbasis PjBL (Project Based Learning) valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLilia Dewi, HeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:41
Last Modified: 25 Apr 2024 04:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7862

Actions (login required)

View Item View Item