Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih kelas unggulan MTs negeri 2 Pemalang

Faridlotun, Khasanah Athi (2018) Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih kelas unggulan MTs negeri 2 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berpengaruh terhadap penggunaan alat-alat bantu mengajar di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Bagi sekolah-sekolah yang sudah maju dan mampu, telah menggunakan alat-alat tersebut sebagai alat bantu mengajar, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Salah satu contoh adalah media pembelajaran LCD Proyektor, karena melalui media ini, materi dapat ditampilkan melalui Power Point sehingga lebih menarik siswa dan pesan yang disampaikan guru akan dapat dengan mudah diterima oleh siswa. Tidak hanya materi, namun bisa juga diselipkan video-video yang berhubungan dengan materi pembelajaran maupun video tentang motivasi agar siswa lebih termotivasi dalam belajar. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran LCD proyektor pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang dan adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran LCD proyektor pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang dan adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Pemalang dengan objek penelitian kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media media pembelajaran LCD proyektor terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas unggulan MTs Negeri 2 Pemalang terdapat pengaruh positif yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang diperoleh nilai R Square = 0,494 yang berarti terdapat pengaruh sebesar 49,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan nilai signifikansi penelitian ini yaitu sebesar 0,00, di mana untuk nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan serta nilai thitung = 8,148 sedangkan ttabel = 1,996; maka thitung > ttabel yang artinya penggunaan media pembelajaran LCD proyektor berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media LCD Proyektor,Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 18 Jun 2020 08:04
Last Modified: 18 Jun 2020 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item