Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada anime the journey : taiko arabia hantou de no kiseki to tatakai no monogatari dan relevansinya dengan sejarah kebudayaan islam

Azzahra, Khaneishia (2024) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada anime the journey : taiko arabia hantou de no kiseki to tatakai no monogatari dan relevansinya dengan sejarah kebudayaan islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120010_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120010_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nilai Sejarah Kebudayaan Islam mengajarkan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Nilai Sejarah Kebudayaan Islam sangat menekankan pada perkembangan karakter seorang anak. Literatur anakanak adalah sarana yang sangat mungkin untuk digunakan mengajari mereka pembentukan karakter secara efektif. Oleh karena itu, pembentukan karakter sejak dini menjadi hal yang sangat penting. Nilainilai karakter ini juga dapat ditanamkan di luar lingkungan sekolah formal. Salah satunya adalah melalui media massa berupa film, yaitu pada Anime The Journey : Taiko Arabia Hantou De No Kiseki To Tatakai No Monogatari. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilainilai pendidikan karakter dalam Anime The Journeydan bagaimana relevansi nilai-nilai karakter dalam Anime The Journey dengan nilai Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada Anime The Journey dan mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter pada Anime The Journey dengan Sejarah Kebudayaan Islam. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi dukomenter (dokumentary research) dengan metode content analysis. Film Anime The Journey menjadi sumber data primer. Dalam penelitian ini sumber data sekunder berasal dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, dokumen lain. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis semiotikRoland Barthes. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat dua belas nilai pendidikan karakter dalam Film Anime The Journey. Nilai pendidikan karakter tersebut, yaitu nilai religius, nilai bersahabat atau berkomunikasi, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai demokratis, nilai tanggung jawab, nilai kerja keras, nilai toleransi, nilai jujur, nilai mandiri, nilai peduli sosial dan nilai cinta damai. Adapun nilai-nilai tersebut relevansi dengan nilai Sejarah Kebudayaan Islam meliputi nilai Ilahiah seperti religius, tanggung jawab, toleransi, jujur, peduli sosial, cinta damai, bersahabat atau berkomunikatif. Nilai Insaniyah seperti semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, tanggung jawab, kerja keras, jujur dan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Film Anime The Journey, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:41
Last Modified: 29 Apr 2024 08:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7912

Actions (login required)

View Item View Item