Implementasi pembelajaran fath al-mu’in pada pemahaman keagamaan di MA Darul Faqih Balerante Cirebon

Lizam, Agus (2024) Implementasi pembelajaran fath al-mu’in pada pemahaman keagamaan di MA Darul Faqih Balerante Cirebon. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (909kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pembelajaran fikih adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar untuk mengetahui hukum-hukum syariat. Kitab Fath al-Mu’in merupakan kitab fan fikih yang sangat populer dikalangan Pondok Pesantren, kitab ini menjadi bahan kajian kelas atas. menjadikan tantangan tersendiri ketika mata pelajaran fikih yang diajarkan di MA menggunakan kitab turats, bukan menggunakan buku paket terbitan Kementrian Agama RI. Oleh karenanya bagi seorang pendidik harus selektif dalam menentukan metode yang diterapkan yang selaras dengan materi pembelajaran dan sesuai dengan kemampuan peserta didik untuk aktif serta mengembangkan pemahaman keagamaan sehingga dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan pembelajaran Fath al-Mu’in di MA Darul Faqih Balerante Cirebon ?, Bagaimana pemahaman konsep keagamaan siswa MA Darul Faqih Balerante Cirebon ?, Bagaimana evaluasi pembelajaran Fath al-Mu’in di MA Darul Faqih Balerante Cirebon ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru melakukan tahapan pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi ajar yang digunakan bersumber dari kitab Fath al-Mu’in dan Pembelajaran memakai metode Bandongan. Pemahaman keagamaan peserta didik mampu menjelaskan konsep keagamaan, peserta didik dapat mendeskripsikan materi fikih yang terdapat dalam kitab Fath al-Mu’in dan menguraikan materi dengan baik. Bentuk evaluasi menggunakan tes baca kitab (lisan), Aspek penilaiannya mencakup ketepatan membaca (harakat dan makna), pengoptimalan menerjemahkan dan kecakapan dalam menjelaskan materi kitab Fath al-Mu’in.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.196707171999031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Taufiqur19820110202001D1030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Fikih, Pembelajaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:16
Last Modified: 02 Apr 2024 04:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item View Item