Pengembangan bahan ajar etnosains bermuatan nilai keagamaan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv materi IPAS SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan

Setyaningrum, Dini (2023) Pengembangan bahan ajar etnosains bermuatan nilai keagamaan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv materi IPAS SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah dalam kemampuan berpikir kritis. Dimana 70% siswa (24 dari 37 siswa) kelas IV masih tergolong rendah dalam kemampuan berpikir kritis. Dalam pembelajarannya guru kelas juga masih jarang menggunakan bahan ajar terutama dalam pembelajaran IPAS. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dikembangkan bahan ajar berbasis etnosains bermuatan nilai keagamaan pada materi IPAS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Adapun model penelitian dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah 01 Wuled. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket. Teknik analisis data menggunakan analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa, uji validitas produk oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli bahasa, serta uji produk dengan rumus N-Gain Score. Hasil penelitian pada kelas IV A SD Muhammadiyah 01 Wuled Pekalongan membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar berbasis etnosains bermuatan nilai keagamaan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV materi IPAS. Kemudian diuji kevalidannya oleh ahli bahan ajar dan ahli materi masing-masing sebesar 90%, sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji N-Gain Score didapatkan nilai sebesar 0,85 atau ≥ 0,7. Hasil tersebut termasuk dalam efektifitas tinggi. Dengan demikian keefektifan bahan ajar berbasis etnosains bermuatan nilai keagamaan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV ini sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, etnosains, nilai keagamaan, berpikir kritis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:03
Last Modified: 02 Apr 2024 04:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item