Implementasi Literasi Finansial pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 dalam Mengelola Uang Saku di Sekolah Dasar Negeri 01 Kesesirejo

Ningsih, Nina Triana (2023) Implementasi Literasi Finansial pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 dalam Mengelola Uang Saku di Sekolah Dasar Negeri 01 Kesesirejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319033_NINA TRIANA BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2319033_NINA TRIANA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya literasi finansial yang merupakan salah satu dari enam literasi dasar dan perlu dikuasai oleh seluruh warga dunia, karena menjadi salah satu kompetensi abad-21. Beberapa ahli keuangan juga merekomendasikan agar literasi finansial ini diberikan sejak dini, karena akan terakumulasi sampai dewasa nanti. Seperti dalam program literasi finansial di SD Negeri 01 Kesesirejo yaitu menabung dan infak, dimana seluruh siswa sekolah tersebut memiliki antusias yang besar untuk melancarkan program peningkatan literasi finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana implementasi literasi finansial pada pembelajaran matematika kelas 5 dalam mengelola uang saku dan bagaimana peningkatan pengetahuannya setelah pengimplementasian tersebut. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan dengan detail terkait penelitian dalam judul ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi mengenai program literasi finansial di sekolah, wawancara bersama wali kelas 5 yang bersangkutan dengan program literasi finansial di kelas 5 dan wali murid siswa kelas 5 yang bersangkutan dengan pemberian uang saku pada siswa, serta dokumentasi yang meliputi pengetahuan siswa terkait literasi finansial melalui pengerjaan soal dan dokumentasi pendukung lainnya. Analisis yang digunakan adalah dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari sebuah data yang telah terkumpul. Kemudian peneliti perkuat argumen dari data yang telah peneliti temukan dengan argumen atau pendapat baik dari para ahli maupun dari penelitian yang sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa dengan program peningkatan literasi finansial adakan yaitu menabung dan infak, masing-masing telah mendapati dukungan oleh orang tua siswa untuk peningkatan literasi finansial anaknya. Pengetahuan siswa kelas 5 SD Negeri 01 Kesesirejo dalam mengelola uang saku setelah pengimplementasian literasi finansial melalui mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Dari hasil pretest dengan jumlah rata-rata 59,25% meningkat menjadi seperti yang dihasilkan dari postest dengan jumlah rata-rata 67,60%. Tidak hanya pengetahuan saja yang meningkat, ternyata secara pola pikir pun mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari adanya motivasi serta keinginan siswa terkait akan mengelola uang sakunya dengan berhemat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatmawati, Nur HasanahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: literasi finansial, matematika, uang saku
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:56
Last Modified: 01 Apr 2024 03:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item View Item