Pengaruh metode lafziyah terhadap penguasaan terjemah al-qur’an surat al-baqarah di Yayasan Al-Ihsan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang

Febriyanto, Ikbal (2024) Pengaruh metode lafziyah terhadap penguasaan terjemah al-qur’an surat al-baqarah di Yayasan Al-Ihsan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118013_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118013_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mempelajari dan memahami Al-Qur’an yang merupakan podoman hidup bagi umat Islam, terutama dalam memahami surat Al-Baqarah yang merupakan Fustatul Qur’an dengan metode lafziyah atau kata perkata. Maka dari itulah, peneliti mengadakan penelitian tentang bagaimana pembelajaran metode lafziyah dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah serta pengaruhnya metode lafziyah terhadap penguasaan terjemah Al-Qur’an surat AlBaqarah. Rumusan Masalah penelitian ini adalah:1. Bagaimana metode lafziyah pada pembelajaran terjemah Al-Qur’an surat Al-Baqarah di Yayasan Al-Ihsan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang? 2. Apakah terdapat pengaruh metode lafziyah terhadap penguasaan materi terjemah Al-Qur’an surat Al-Baqarah di Yayasan Al-Ihsan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah:. Untuk mengetahui metode lafziyah pada pembelajaran terjemah Al-Qur’an surat Al-Baqarah di Yayasan Al-Ihsan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang dan Untuk mengetahui pengaruh metode lafziyah terhadap penguasaan materi terjemah Al-Qur’an surat Al-Baqarah di Yayasan Al-Ihsan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana untuk pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah primer adalah peserta terjemah. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen, literatur, serta referensi yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran lafziyah terdapat 3 tahapan yaitu orientasi, inti, dan penutup. Pada tahap orientasi hanya diisi dengan salam dari kyai/guru serta penyiapan modul terjemah Al-Qur’an surat Al-Baqarah yang kosong. Pada tahap inti, dimulailah proses metode lafziyah dalam Al-Qur’an surat AlBaqarah. Kemudian pada tahap terakhir yaitu penutup, diisi dengan tanya jawab tentang metode lafziyah yang telah diajarkannya kyai, serta ditutup dengan doa kafaratul majelis. untuk hasil dari analisis statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel x dengan variabel y. Adapun besar pengaruhnya adalah 81,2%. Pengaruh tersebut, disebabkan hubungan yang linier antara variabel x dengan variabel y. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode lafziyah terhadap penguasaan terjemah Al-Qur’an surat Al-Baqarah di Yayasan Al-Ihsan Pemalang tergolong sangat kuat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH METODE LAFZIYAH TERHADAP PENGUASAAN TERJEMAH AL-QUR’AN SURAT AL- BAQARAH DI YAYASAN AL-IHSAN KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:40
Last Modified: 24 Apr 2024 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item View Item