Peran guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik melalui implementasi program proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMPN 5 Pekalongan

Tohirin, Slamet (2024) Peran guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik melalui implementasi program proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMPN 5 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (981kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Karakter religius merupakan merupakan faktor yang sangat penting yang harus di miliki oleh peserta didik, sebab dengan karakter religius peserta didik dapat menggapai kesuksesannya baik pada saat belajara di sekolah maupun di dalam kehidupannya di dunia dan di akhirat. Karakter religius seringkali diabaikan oleh seorang guru karena guru lebih dituntut untuk membuat perencanaan mengajar yang menitik beratkan pada kurikulum dan materi. Guru seringkali menyampaikan isi pelajaran tanpa ada unsur pembinaan religiusnya. Hal ini mengakibatkan kurangnya kepedulian peserta didik terhadap amaliah ibadahnya. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana karakter religius peserta didik di SMP Negeri 5 Pekalongan? Bagaimana implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 5 Pekalongan? Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam membina karakter religius peserta didik melalui implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 5 Pekalongan? Tujuan penelitian adalah : Menganalisis karakter religius peserta didik di SMP Negeri 5 Pekalongan. Memeriksa, mengidentifikasi, dan memahami karakter religius atau nilai-nilai keagamaan yang dimiliki oleh siswa di SMP Negeri 5 Pekalongan. Menganalisis implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 5 Pekalongan. Mengkaji atau memeriksa bagaimana program bernama "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)" diimplementasikan di SMP Negeri 5 Pekalongan. Memahami sejauh mana program ini dijalankan dan diterapkan di sekolah tersebut. Menganalisis peran guru pendidikanzagama islam dalam membina karakter religius peserta didik melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 5 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Karakter Religius Peserta Didik SMP Negeri 5 Pekalongan antara lain, : a) Dzikir Pagi di Lapangan setiap hari jumat pagi b). Aktifitas membaca doa pagi, asmaul husna dan surat-surat dalam juz 30 setiap pagi sebelum jam KBM c). Program khusus Baca Tulis Alquran jam ke nol d) Program khusus ekstrakurikuler Seni Baca Alquran. d) Data dan temuan Program shalat dzuhur berjamaah. (2) Implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 5 Pekalongan yaitu dengan tema kewirausahaan dengan pembuatan label estetik melalui aplikasi canva. (3) Peran guru pendidikan agama islam dalam membina karakter religius peserta didik melalui implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 5 Pekalongan dengan memasukan unsur-unsur religius ke dalam kegiatan P5 tema kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197301122000031001UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Implementasi P5
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:40
Last Modified: 02 Apr 2024 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item View Item