Implementasi Pendidikan Karakter dalam ekstrakurikuler pencak silat persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SMP Negeri 3 Pekalongan

Aeni, Tri Misalma Zahrotul (2019) Implementasi Pendidikan Karakter dalam ekstrakurikuler pencak silat persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di SMP Negeri 3 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Pendidikan hingga kini masih dipercaya sebagai media yang sangat ampuh dalam membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak menjadi lebih baik. Dalam membentuk karakter, watak atau jiwa yang tangguh baik secara fisik maupun mental ada banyak hal yang bisa kita lakukan selain melalui kegiatan lembaga sekolah, salah satunya pendidikan bela diri pencak silat yang merupakan warisan budaya asli indonesia. Pencak silat memiliki nilai-nilai pendidikan karakter melalui empat unsur yaitu unsur olahraga, kesenian, bela diri, kerohanian (kebatinan). Dalam ekstrakurikuler tidak hanya materi fisik saja yang diberikan melainkan melalui materi kehrohanian maka siswa akan menjadi manusia yang berbudi luhur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), sumber data penelitiannya sumber data primer yaitu Peserta didik/siswa, pelatih dan Waka Kesiswaan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen dan buku-buku. Teknik pengumpulan data dengan melakukan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrkurikuler pencak silat di SMP N 3 Pekalongan baru sebagian yang menerapkan pendidikan karakter seperti kejujuran , kedisiplinan dan tanggung jawab karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Untuk model menerapannya pelatih menggunakan metode pembiasaan.Menurut Lickona, Pendidikan karakter ialah pendidikan yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Tanpa ketiga aspek ini, pendidikan karakter tidak akan berjalan efektif. Hasil pengamatan peneliti, dalam ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SMP N 3 Pekalongan masih kurang menerapkan ketiga aspek tersebut.Dalam menerapkan pendidikan karakter terdapat faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter yaitu Faktor internal terdiri dari faktor insting dan faktor keturunan sedangkan Faktor Eksternal terdiri dari Faktor Keluarga, Faktor Lingkungan Alam dan Faktor Pergaulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Kejujuran, Kedisiplinan, Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:25
Last Modified: 19 Jun 2020 03:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item