Korelasi Personal Dan Social Interaction Models Dalam Meningkatkan Interreligius Dan Hasil Belajar Pai Siswa Smk Negeri Kedungwuni

Hasanah, Aftinal (2024) Korelasi Personal Dan Social Interaction Models Dalam Meningkatkan Interreligius Dan Hasil Belajar Pai Siswa Smk Negeri Kedungwuni. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222016_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
50222016_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hasanah, Aftinal, 2024. Korelasi Personal Dan Social Interaction Models Dalam Meningkatkan Interreligius Dan Hasil Belajar PAI Siswa SMK Negeri Kedungwuni. Umi Mahmudah, M.Sc., Ph.D. DR. Abdul Khobir, M.Ag. Ditengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks terutama dengan kehadiran berbagai budaya dan kepercayaan agama. Hal ini dapat mengeser paradigma masyarakat yang semakin multicultural dan multireligius. Di sisi lain, menurunnya moral pada remaja era sekarang ini bukanlah hal yang terpasak lagi. Banyak sekali fenomena yang terjadi di kalangan remaja menengah atas, diantaranya: hilangnya sopan santun kepada guru dan orang tua, hilangnya rasa tanggungjawab, hilangnya empati terhadap lingkungan sekitar, hingga hilangnya toleransi dalam beragama. Melalui pembelajaran dengan menggunakan Personal Dan Social Interaction Models diharapkan mampu menjadi mengubah kebiasaan negative yang ada. Oleh karena itu, pentingnya Pendidikan Agama Islam (PAI) bukan hanya sebagai materi pembelajaran tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter siswa. PAI diharapkan dapat menjadi landasan untuk memahami, menghormati dan berinteraksi secara positif dengan keragaman yang ada. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana level interaksi personal dan sosial siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni? (2) Bagaimana level interreligius siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni? (3) Bagaimana hasil belajar PAI siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni? (4) Bagaimana korelasi personal dan social interaction models dalam meningkatan interreligius dan hasil belajar PAI siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis level interaksi personal dan sosial siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni (2) Untuk menganalisis level interreligius Siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni (3) menganalisis hasil belajar PAI Siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni (4) menganalisis korelasi personal dan social interaction models dalam meningkatan interreligius dan hasil belajar PAI siswa SMK N Kedungwuni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian field research melalui analisis korelasional. Adapun total sampel yang peneili gunakan berjumlah 50 siswa dari total populasi 504. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis korelasionalnya menggunakan jenis canonical. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan level personal dan social interaction models siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni adalah baik Sedangkan level interreligius siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni adalah sangat baik. Hasil belajar pada ranah kognitif seluruh responden memiliki nilai di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dengan nilai pengetahuan tertinggi 90 dan nilai pengetahuan terendah 80. Pada ranah afektif menunjukkan bahwa level personal dan social siswa adalah baik serta level interreligious berada pada kriteria sangat baik. Pada ranah psikomotorik siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni memiliki keterampilan yang baik, hal ini dibuktikan dengan nilai keterampilan siswa yang berada di atas KKM. Adapun berdasarkan analisis kanonik uji wilks lambda diperoleh Nilai sig. F sebesar 0,000 yang mana nilai tersebut kurang dari 0,05. Jika hasil nilai sig. F 0.000 < 0.05, maka tolak H0 dan terima H1. Berdasarkan hasil canonic loasding terjadi hubungan yang erat antara interreligius dan social interaction model dan terjadi hubungan yang erat antara hasil belajar dan personal interaction model dengan nilai canonic loading fungsi kanonik pertama terbesar 0,999 pada Y1 (Interreligius) dan 0,947 pada X2 (Social interaction model). Fungsi kanonik kedua memiliki nilai canonic loading terbesar 0,975 pada Y2 (Hasil belajar) dan 0,589 pada X1 (Personal interaction model).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Personal Dan Social Interaction Models, Interreligius, Hasil Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:19
Last Modified: 04 Apr 2024 06:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item