Efektifitas Counter-Extremism Melalui Program Keagamaan Dan Pemahaman Materi Islam Wasatiyah Sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin Bagi Peserta Didik Kelas X Ma Negeri Batang

Sahlan, Mohammad (2024) Efektifitas Counter-Extremism Melalui Program Keagamaan Dan Pemahaman Materi Islam Wasatiyah Sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin Bagi Peserta Didik Kelas X Ma Negeri Batang. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222015_COVER_BAB I & BAB VII .pdf

Download (3MB)
[img] Text
50222015_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mohammad Sahlan, NIM. 50222015. Efektifitas Counter-extremism melalui program keagamaan dan pemahaman materi Islam wasatiyah sebagai rahmatan lil’alaminbagi peserta didik kelas X MA Negeri Batang. Tesis Pascasarjana Prodi Magister PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag., dan (2) Dr. Slamet Untung, M.Ag. Berdasarkan fenomena yang terjadi di era digital sekarang ini, isu extremisme dan terorisme mudah sekali tersebar, tidak terkecuali di MA Negeri Batang. Kelas X yang merupakan masa peralihan menjadikan fokus penelitian karena usia mereka sangat rentan akan pengaruh negatif dari luar. Latar belakang pendidikan keagamaan yang belum kuat menjadi salah satu alasan perlunya pondasi keagamaan yang baik. Dalam muatan kurikulum sudah ada dasar yakni KMA 184 Tahun 2019 tentang pedoman implementasi pendidikan moderasi beragama, anti kekerasan, dan anti korupsi yang dijadikan dasar pijakan dalam menyusun program keagamaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Mengapa Counter-Extremism diterapkan di MA Negeri Batang?, Bagaimana efektifitas program keagamaan dalam mengantisipasi fenomena Extremism di kalangan peserta didik kelas X MA Negeri Batang? dan Bagaimana strategi dalam memperkuat pemahaman peserta didik tentang Islam wasatiyah dalam mengantisipasi Extremism di madrasah?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan mengapa Counter-Extremism diterapkan di MA Negeri Batang, menganalisis efektifitas program keagamaan dalam mengantisipasi fenomena Extremism di kalangan peserta didik kelas X MA Negeri Batang, dan menganalisis strategi dalam memperkuat pemahaman peserta didik tentang Islam wasatiyah dalam mengantisipasi Extremism di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Counter-Extremism sangat diperlukan di MA Negeri Batang sebagai upaya preventif bahaya extremisme dan radikalisme. (2) Dalam melaksanakan program keagamaan perlu penyiapan administrasi sebagai data pendukung. Dalam pelaksanaannya, program kegiatan keagamaan dibagi menjadi 3 yaitu pembiasaan pagi, kegiatan bina mental atau penguatan karakter, dan kegiatan peringatan Hari Besar Islam yang biasanya dilaksanakan dalam bentuk pengajian atau diskusi keagamaan. Ketiga model kegiatan tersebut saling menguatkan dalam bingkai moderasi beragama. (3) Dalam pelaksanan pembelajaran Materi Islam wasatiyah sudah dilaksanakan sesuai yang tercantum dalam modul ajar. Guru tidak hanya menyampaiakan pelajaran saja akan tetapi memberikan penguatan karakter dan nilai-nilai moderat seperti toleransi dan menghargai perbedaan pendapat saat sesi diskusi, mampu bekerja sama dengan siapapun dalam kelompok yang berbeda dan mampu memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Counter-Extremism, Program Keagamaan, Islam Wasatiyah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 18 Apr 2024 06:21
Last Modified: 18 Apr 2024 06:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8049

Actions (login required)

View Item View Item