Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi emas digital pada marketplace dengan religiusitas sebagai variabel moderating

Riswanti, Riswanti (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi emas digital pada marketplace dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Masters thesis, UIN K,H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan perekonomian masyarakat terus mengalami peningkatan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi digital. Pola transaksi masyarakat juga mulai beralih dari konvensional ke sektor digital termasuk salah satunya menabung atau investasi emas. Selain transaksi dan alokasinya yang mudah, emas digital juga terjamin keamanannya karena tidak memerlukan safe deposit box. Banyak faktor yang dapat mendorong minat seseorang untuk melakukan investasi emas digital di marketplace seperti literasi keuangan, preferensi risiko, pengalaman keuangan dan locus of control dan Religiusitas sebagai variabel moderating yang dapat memperlemah atau memperkuat pengaruh tersebut. Mengingat anjuran Islam untuk berinvestasi serta fatwa DSN-MUI dan pendapat mayoritas ulama yang memperbolehkan investasi emas secara online dengan aturan dan batasan tertentu Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Apakah literasi keuangan, preferensi risiko, pengalaman keuangan dan locus of control berpengaruh terhadap minat investasi emas digital generasi Z pada marketpkace? Apakah Religiusitas mampu memoderasi pengaruh literasi keuangan, preferensi risiko, pengalaman keuangan dan locus of control terhadap minat investasi emas digital generasi Z pada marketplace? Tujuan penelitian adalah : Menganalisis pengaruh literasi keuangan, preferensi ririko, pengalaman keuangan dan locus of control terhadap minat investasi emas digital generasi Z pada marketplace dan menganalisis kemampuan religiusitas dalam memoderasi pengaruh literasi keuangan, preferensi risiko, pengalaman keuangan dan locus of control terhadap minat investasi emas digital generasi Z pada markeplace. Kegunaan penelitian ini adalah : Memberikan tambahan referensi bagi pembaca mengenai investasi emas digital dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kausal. Pengumpulan data melalui : angket atau kuesioner. Analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dengan evaluasi model pengukuran Structuraal Equation Modeling (SEM) menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap minat investasi emas digital. Preferensi risiko, pengelaman keuangan dan locus of control berpengaruh terhadap minat investasi emas digital generasi Z pada marketplace. Sedangkan religiusitas mampu memoderasi pengaruh preferensi risiko dan locus of control, tidak mampu memoderasi pengaruh ppengalaman keuangan dan justru melemahkan pengaruh literasi keuangan terhadap minat investasi emas digital generasi Z pada marketplace.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Thesis advisorAdinugraha, Hendri Hermawan198703112019081001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Investasi Emas,Marketplace, Religiusitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:01
Last Modified: 19 Apr 2024 08:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item