Implementasi Bimbingan Rohani Islam Melalui Pembacaan Shalawat Nariyah Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMK Gondang Wonopringgo Kab. Pekalongan.

Tetuko, Riyandang (2021) Implementasi Bimbingan Rohani Islam Melalui Pembacaan Shalawat Nariyah Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMK Gondang Wonopringgo Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Belajar non tatap muka merupakan kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam pencegahan covid-19. Oleh karena itu Pemerintah mengeluarkan surat edaran No. 4 tahun 2020 tentang kebijakan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disesase (Covid-19), menyatakan bahwa proses belajar dari rumah, non tatap muka / online. Problema dari adanya belajar non tatap muka diantaranya peserta didik merasakan jenuh, hingga menimbulkan sikap seakan proses belajar tidak ada kemajuan, Sulit Konsentrasi dan hilang motivasi lantaran pembelajaran daring yang terlalu lama. Untuk menyelesaikan permasalahan perlu adanya layanan bimbingan rohani islam melalui pembacaan shalawat nariyah, yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa spiritualitas dan keimanan siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi bimbingan rohani islam melalui pembacaan shalawat nariyah untuk mengurangi kejenuhan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa SMK Gondang Wonopringgo Kab. Pekalongan dan untuk mengetahui gambaran kejenuhan belajar di masa pandemi covid-19. Metode yang kami gunakan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang kami gunakan yaitu teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung di SMK Gondang lalu mengumpulkan semua data-data yang didapatkan kemudian tarik kesimpulan dari data-data yang sudah didapat agar menjadi sebuah kajian yang lebih sistematik. Hasil yang penulis didapatkan dari penelitian ini yakni, pertama sebagian besar siswa sudah menunjukan sikap disiplin dan motivasi belajar atas apa yang menjadi tanggung jawab sebagai siswa, sejak dilaksanakannya sebuah kegiatan pembacaan shalawat nariyah pada siswa dapat diterima dengan baik. Bimbingan rohani islam melalui pembacaan shalawat nariyah menjadikan siswa dalam meningkatan keagamaan dan sikap spiritualitas diri agar dapat bersikap tenang ketika dalam menghadapi kejeuhan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam Melalui Pembacaan Shalawat Nariyah, Mengurangi Kejenuhan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:39
Last Modified: 23 Apr 2024 02:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item