Dakwah Melalui Media Sossial Analisis Akun Instagram @Santribatang Berbasis Semiotik Roland Barthes

Wafir Taustiqul, Muhammad (2021) Dakwah Melalui Media Sossial Analisis Akun Instagram @Santribatang Berbasis Semiotik Roland Barthes. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Taustiqul Wafir, Muhammad. (2042116079).Dakwah Melalui Media Sossial Analisis Akun Instagram @Santribatang Berbasis Semiotik Roland Barthes .Skripsi Jurusan Komnikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. H. Muhandis Azzuhri, Lc, M.A. Kata Kunci: Dakwah Media Sosial, Akun Instagram @santribatang, AnalisisSemiotik Roland Barthes. Skripsi ini membahas tentang Dakwah Melalui Media Sosial Analisis Akun Instagram @santribatang Berbasis Semiotik Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konten akun Instagram @santribatang, mengetahui hasil analisis semiotik Roland Barthes pada akun Instagram @santribatang dan mengetahui makna denotasi, konotasi serta mitos yang terkandung pada konten akun Instagram @santribatang pada bulan Oktober 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan anlisis semiotik Roland Barthes, yaitu dengan menjelaskan makna denotasi, konotasi dan mitos yang terkandung pada konten akun Instagram @santribatang dibulan Oktober 2020. Pengumpulan data dengan wawancara kepada pemilik akun Instagram @santribatang, dan dokomentasi yaitu melihat atau mengambil konten Instagram @santribatang dibulan Oktober 2020 sebagai bahan penelitian. Kemudian penulis menganalis data dan mencari makna denotasi, konotasi dan mitos pada konten Instagram @santribatang dibulan Oktober 2020. Hasil penelitian pada konten akun Instagram @santribatang dibulan Oktober 2020, terdapat makna denotasi seperti bentuk konten persegi, warna konten dan logo, kemudian makna konotasi yang menjelaskan bentuk persegi tersebut dibuat karena menyesuaikan ruang yang disediakan Instagram, dan beberapa warna yang masing – masing mempunyai makna seperti warna putih melambangkan kebersihan, kebejakan. Warna biru melambangkan penngetahuan dan kesejukan. Kemudian makna konotasi dari kata – kata dakwahnya seperti yang mengenai orang sukses itu tidak semata – mata karena pintar, tidak semata – mata karena modal banyak tapi lebih karena telaten. Kemudian makna mitosnya mengenai sukses tadi kesuksesan atau keberhasilan tidak datang begitu saja, seseorang yang berhasil dalam usahanya karena memiliki keberanian. Keberanian dalam merealisasikan visi - visinya, keberanian untuk menangkap peluang yang ada, keberanian dalam mencoba segala tantangan dan rintangan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, MuhandisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah Media Sosial, Akun Instagram @santribatang, AnalisisSemiotik Roland Barthes
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Apr 2024 00:57
Last Modified: 24 Apr 2024 00:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item