Silfiyana, Silfiyana (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Islamiyah Brokoh Kab. Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319035_SILFIYANA BAB I-V.pdf Download (7MB) |
|
Text
2319035_SILFIYANA FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan referensi agar hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) meningkat. Berdasarkan hasil wawancara bahwa tidak semua hasil belajar siswa lulus KKM, hal tersebut disebabkan karena siswa pasif dan bermain sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IV di MI Islamiyah Brokoh Kab. Batang, (2) Bagaimana hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV di MI Islamiyah Brokoh Kab. Batang, (3) Bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV di MI Islamiyah Brokoh Kab. Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain One Grup Pretest-Posttest Design dengan populasi 24 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh (sensus). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Uji validitas hasil belajar dengan menggunakan teknik Pearson Correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS 26 for windows. Dan uji normalitas menggunakan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05.Pengujian analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, siswa terlibat dalam pembelajaran sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang apa yang diajarkan pendidik (peneliti). Dalam pembelajaran kelompok,siswa tidak mengandalkan temannya tetapi terlibat dalam diskusi untuk menemukan jawaban yang paling tepat. Setelah penerapan model pembelajaram tersebut diketahui rata-rata hasil belajar siswa kelas IV sebelum diberikan perlakuan (pretest) yaitu 80,83 sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan (posttest) yaitu 92,29. Hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung 9,106 > ttabel 2,069 dan nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV di MI Islamiyah Brokoh Kab. Batang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:26 | ||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8133 |
Actions (login required)
View Item |