Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Kelas VIII di SMP N 249 Jakarta

Auliya, Fadia Nur (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Kelas VIII di SMP N 249 Jakarta. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119012_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119012_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kenakalan remaja ialah persoalan lama yang belum pernah dapat diselesaikan serta sering kali muncul pada kehidupan masyarakat yang bisa mengakibatkan rusaknya nilai-nilai moral, norma hukum, nilai luhur agama serta asusila yang berlaku pada masyarakat. Kehidupan remaja sekarang ini kerap dihadapkan kepada persoalan yang kompleks, tentunya benar-benar diperlukan perhatian dari seluruh pihak. Berdasarkan observasi masih banyak peserta didik kelas VIII di sekolah SMP N 249 Jakarta yang mengalami perubahan karakter sebab kurangnya mereka menyukai pelajaran bernuansa islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Apa saja bentuk-bentuk kenakalan remaja siswa kelas VIII di SMP N 249 Jakarta, Faktor apa saja yang menyebabkan kenakalan remaja siswa kelas VIII SMP N 249 Jakarta, Bagaimana cara guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja siswa kelas VIII di SMP N 249 Jakarta.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kenakalan remaja siswa VIII di SMP N 249 Jakarta, mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja siswa kelas VIII, serta mendeskripsikan apa upaya guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi kenakalan remaja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu: Guru PAI, Siswa kelas VIII di SMP N 249 Jakarta, dan Guru BK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah adanya upaya guru dalam menanggulangi kenakalan remaja siswa kelas VIII di SMP N 249 Jakarta diantaranya: yaitu penyimpangan karakter yang terbagi dalam beberapa kategori, yaitu kategori kecil, sedang dan berat. Dalam penyimpangan karakter ini ada beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal, Peran dan tugas guru tidak hanya terbatas dalam masyarakat saja akan tetapi pada hakikatnya guru merupakan komponen strategis yang memiliki peran penting dalam menentukan kemajuan bangsa terlebih guru PAI, penanaman keberagamaan sesuai dengan nilai-nilai luhur Al-quran senantiasa menjadi peran dan tugas guru PAI untuk mengaplikasikan baik dari pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan Negara. Peran guru khususnya guru pendidikan agama Islam sangat penting untuk kemajuan zaman saat ini. Dan untuk memperbaiki karakter-karakter yang kurang baik dilakukan oleh para remaja sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Penyimpangan Karakter Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:14
Last Modified: 07 Nov 2024 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8177

Actions (login required)

View Item View Item