Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan

Kharisma, Kharisma (2019) Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Akhlak merupakan sifat khas diri seseorang dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan. Akhlak tidak akan terbentuk tanpa adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, selain faktor keluarga atau pembawaan sejak lahir, faktor terbentuknya akhlak yang tidak boleh diabaikan adalah faktor lingkungan dan pendidikan. Dalam hal ini peran pribadi guru yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia sangat dibutuhkan untuk membimbing dan mengarahkan akhlak siswa. Keberhasilan dari pendidikan tidak akan terlepas dari pribadi guru. Faktor kepribadian akan sangat menentukan peranannya bagi siswa. Kita menyadari atau tidak bahwa kepribadian guru itu sangat berpengaruh terhadap akhlak siswa sehari - hari. Kehadiran guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang cukup baik tentu akan sangat menunjang terhadap sikap atau akhlak anak. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Seberapa besar kompetensi kepribadian guru kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan?, 2. Seberapa besar akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan?, 3. Seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui besarnya kompetensi kepribadian guru kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan, 2. Untuk mengetahui besarnya akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan, 3. Untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan. Manfaat penelitian ini yaitu dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya kompetensi kepribadian guru dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru serta dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh atau sering disebut total sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 49.17. Akhlak Terpuji Siswa Kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 50.38. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dari pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, kompetensi kepribadian guru mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI di MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan. Besarnya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak terpuji siswa kelas VI MSI 04 Bandengan Kota Pekalongan adalah sebesar 37.3%, sedangkan 62.7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Selanjutnya diperoleh bentuk persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 16.050 + 0.698 x. Hasil perhitungan regresi menunjukkan hasil yang signifikan, hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier sederhana. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga ftabel = 4.21 dan hasil fhitung = 16.053. Jika dibandingkan maka harga fhitung> ftabel. Dengan demikian model regresi signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Terpuji
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:57
Last Modified: 22 Jun 2020 01:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item