Prasetyoningrum, Retno Tri (2023) Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Menanamkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Gondang Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118244_RETNO TRI PRASETYONINGRUM BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2118244_RETNO TRI PRASETYONINGRUM FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak dan terdapat siswa yang mengalami masalah pada pembelajaran di kelas, hal ini menjadikan siswa kurang fokus saat belajar. Kurangnya minat pada pembelajaran akidah akhlak merupakan suatu hal yang riskan, karena akidah akhlak sangat penting untuk kehidupan yang dijalani oleh para muslim. Dalam kondisi ini peran guru akidah akhlak sangatlah penting untuk menghidupkan kembali minat belajar siswa agar kembali fokus dan kondusif. Fokus penelitin dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode tanya jawab dalam menanamkan minat belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Gondang Wonopringgo? (2) Bagaimana dampak penerapan metode tanya jawab terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Gondang Wonopringgo? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode tanya jawab dalam menanamkan minat belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Gondang Wonopringgo. (2) Mendeskripsikan dampak penerapan metode tanya jawab dalam menanamkan minat belajar siswa pada pembelajaran akdiah akhlak di MTs Gondang Wonopringgo. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana peneliti mendapatkan data dari lapangan. Peneliti melaksanakan penelitian dengan mendatangi langsung MTs Gondang Wonopringgo untuk menggali data yang diperlukan guna penelitian yang dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Metode tanya jawab dapat menanamkan minat belajar siswa, guru mempersiapkan materi dan pertanyaan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, suasana kelas menjadi aktif karena adanya tanya jawab yang dilakukan, dan untuk memacu semangat siswa guru memberikan reward kepada siswa yang bertanya atau berhasil menjawab pertanyaan. (2) Dengan adanya metode tanya jawab siswa lebih semangat dalam berlomba-lomba untuk bertanya ataupun menjawab pertanyaan, tidak mengantuk saat pelajaran, siswa akan terlatih berbicara di depan banyak orang dan dapat memperdalam materi-materi yang dibahas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Tanya Jawab, Minat Belajar, Akidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:11 | ||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8183 |
Actions (login required)
View Item |