Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Ketergantungan Aplikasi Pada Peserta didik Kelas IX Di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan

Imroatun, Nur, Azizah (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Ketergantungan Aplikasi Pada Peserta didik Kelas IX Di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119001_AZIZAH NUR IMROATUN FULL BAB I-V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
2119001_AZIZAH NUR IMROATUN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan terlihat adanya ketergantungan apliaksi TikTok terhadap perilaku peserta didik di lingkungan sekolah. Dengan ini harus adanya bimbingan dan arahan dari peran guru, terkhususnya peran guru Pendidikan Agama Islam untuk mencegah adanya ketergantungan aplikasi TikTok. Oleh karena itu guru mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memberikan bimbingan ilmu keagamaan agar tidak terobsesi dengan perkembangan media teknologi pada zaman ini. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan aplikasi TikTok dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam mencegah ketergantungan yang disebabkan aplikasi TikTok. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah aplikasi TikTok pada peserta didik di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan; Apa faktor penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan dari aplikasi TikTok di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar tempat di SMP Negeri 1 Siwalan kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa peran guru Pedidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan aplikasi TikTok pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan yaitu membimbing peserta didik kelas IX agar dapat mengetahui dampak negatif dari pengaruh perkembangan teknologi, dalam hal ini yaitu penggunaan aplikasi TikTok. Sehingga peserta didik memiliki wawasan tentang baik dan buruknya penggunaan Aplikasi TikTok. Faktor penghambat yang dihadapi guru Pedidikan Agama Islam dalam mencegah ketergantungan aplikasi TikTok pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan yaitu pengaruh dari lingkungan sekitar dan kurang dukungan orang tua peserta didik SMP Negeri 1 Siwalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Peserta didik, Mencegah Dampak Negatif, Aplikasi TikTok
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:45
Last Modified: 30 Apr 2024 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item