Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan

Aprillia, Nilla Dwitry (2023) Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119102_NILLA DWITRY APRILLIA BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2119102_NILLA DWITRY APRILLIA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kota Pekalongan mengalami berbagai permasalahan diantaranya latar pendidikan peserta didik kelas X yang berbeda dan kurangnya kemampuan dalam memahami bacaan al-Qur’an dan Hadis. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan strategi dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis Kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini adalah, (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadis kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan?, (2) Bagaimana strategi pembelajaran al-Qur’an Hadis kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan?, (3) Bagaimana tantangan dan hambatan dalam strategi pembelajaran al-Qur’an Hadis kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan?. Tujuannya adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadis kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan, mendeskripsikan strategi pembelajaran al-Qur’an Hadis kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan, mengetahui tantangan dan hambatan dalam strategi pembelajaran al-Qur’an Hadis kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pembelajaran al-Qur’an Hadis di Sekolah. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru al-Qur’an Hadis dan peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kota Pekalongan sudah baik dibuktikan dengan pada proses pembelajaran adanya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) strategi pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran al-Qur’an Hadis lebih menekankan pada strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran interaktif. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan metode pembelajaran serta sumber belajar pada proses pembelajaran al-Qur’an Hadis. (3) tantangan dan hambatan pada pembelajaran al-Qur’an Hadis yaitu pertama latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda, kedua kurangnya kemampuan memahami bacaan al-Qur’an Hadis, dan ketiga tantangan dalam penggunaan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, al-Qur’an Hadis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:01
Last Modified: 30 Apr 2024 07:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8190

Actions (login required)

View Item View Item