Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang.

Minanizar, Mohamad (2023) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Akhlakul Karimah pada Peserta Didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119135_MOHAMAD MINANIZAR BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2119135_MOHAMAD MINANIZAR FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Guru akidah akhlak merupakan salah satu pemegang peranan yang sangat penting dalam proses penanaman akhlakul karimah pada peserta didik. Untuk itu, demi keberhasilan proses tersebut maka guru akidah akhlak harus mampu menggunakan berbagai macam strategi yang jitu dalam menanamkan akhlakul karimah mereka. Dari penjelasan di atas, peneliti mengambil lokasi di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang sebagai tempat penelitian. Karena di Madrasah tersebut masih terdapat beberapa akhlak peserta didik yang kurang baik, misalnya seperti memperlakukan guru layaknya teman sebaya, mengucapkan kata-kata yang kotor dan kasar, kurang memiliki sopan santun, bergurau ketika sedang shalat, dan lain sebagainya. Dari hal tersebut, tentunya ada sebuah strategi untuk mencegah sekaligus pembenahan akhlak peserta didik yang kurang baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih dalam lagi strategi yang guru akidah akhlak lakukan dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang, Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang?. Secara teoritis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pengembangan dan penambahan pengetahuan mengenai strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik. Secara praktis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru mengenai pentingnya strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang diantaranya melalui pembiasaan yang baik, teladan, memberikan peringatan yang baik, pendekatan personal, pembinaan kepada peserta didik, serta memberi contoh akhlak yang baik dan akhlak yang buruk beserta efek dari akhlak tersebut. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MTs. Walisongo Tulis Kabupaten Batang yaitu: a) Faktor pendukung diantaranya komponen guru, kerjasama guru, peserta didik polos, mata pelajaran, serta sarana dan prasarana. b) Faktor penghambat diantaranya kurang perhatian orang tua, orang tua kurang memberi teladan yang baik, penyalahgunaan handphone, serta permasalahan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Menanamkan, Akhlakul Karimah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 02 May 2024 06:55
Last Modified: 02 May 2024 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item View Item