Mu’thi, Via Fareha (2023) Upaya Guru TPQ dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Pada Santri di TPQ Nurul Hasan Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119182_VIA FAREHA MU'THI BAB I-V.pdf Download (11MB) |
|
Text
2119182_VIA FAREHA MU'THI FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang berdiri di tengah lingkungan masyarakat guna menyiarkan pembelajaran pendidikan al-Qur’an. Melihat pentingnya al-Qur’an bagi umat Islam sudah seharusnya al-Qur’an dikenalkan sejak usia dini, dengan memberikan pendidikan al-Qur’an kepada anak melalui lembaga-lembaga pendidikan al-Qur’an yang telah tersedia. TPQ ini berperan aktif dalam perkembangan anak terkait pemahaman ilmu-ilmu al-Qur’an. Adanya pengaruh perkembangan globalisasi yang begitu pesat mampu menyebabkan merosotnya minat anak dalam belajar terutama dalam mendalami al-Qur’am oleh sebab itu peranan orang tua dan guru sangat dibutuhkan dalam hal ini. Orang tua sebagai pendidik ketika dirumah dan guru sebagai pendidik ketika anak berada di lingkungan sekolah. Seorang guru juga harus mampu menumbuhkan motivasi peserta didiknya agar memiliki semangat dalam belajar agar terhindar dari kebodohan-kebodohan yang tidak diinginkan, terutama sebagai umat Islam sangat penting dalam belajar al-Qur’an untuk menghindari adanya kebisuan terhadap ayat-ayat al-Qur’an dan mencetak geneari Qur’ani yang berakhlakul karimah serta pandai dalam melafalkan maupun mahir menulis ayat-ayat al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di TPQ Nurul Hasan Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. 2. Untuk menjelaskan upaya guru TPQ dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis al-Qur’an pada santri di TPQ Nurul Hasan Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. 3. Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru TPQ dalam meningkatkan motivasi belajar baca tulis al-Qur’an pada santri di TPQ Nurul Hasan Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan maksud untuk menggali fenomena berdasarkan permasalahan yang diangkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kegiatan pembelajaran baca tulis al-Qur’an (BTQ) di TPQ Nurul Hasan Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang telah disusun sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar. 2. Upaya yang dilakukan guru di TPQ Nurul Hasan untuk meningkatkan motivasi belajar baca tulis al-Qur’an pada santrinya dengan melakukan peningkatan kualitas guru, pendekatan antara guru, santri dan orang tua, pemberian reward, dan Home Visit santri. 3. Dengan faktor pendukung sarana prasarana yang memadai, minat santri dalam belajar, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yakni keterbatasan waktu, dan rendahnya kesadaran santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Motivasi Belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 02 May 2024 08:04 | ||||||||
Last Modified: | 02 May 2024 08:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8196 |
Actions (login required)
View Item |