Strategi Komunikasi Kementerian Agama Kota Pekalongan Dalam Mendorong Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Umkm Di Kota Pekalongan

Fitri, Ade (2024) Strategi Komunikasi Kementerian Agama Kota Pekalongan Dalam Mendorong Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Umkm Di Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419044_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3419044_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan saat ini adalah untuk mendukung pemerintah dalam rangka program satu juta sertifikasi halal gratis 2023, pelaku UMKM kuliner harus mempunyai sertifikasi halal Kementerian Agama Kota Pekalongan harus melakukan sosialisasi dengan menggunakan strategi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Kementerian Agama kota Pekalongan dalam mendorong sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Kota Pekalongan dan bagaimana model komunikasi Kementerian Agama yang digunakan untuk mendorong sertifikasi halal pada produk makanan. Namun, peneliti hanya memfokuskan pada strategi komunikasi Kementerian Agama Kota Pekalongan dalam mendorong sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan menggunakan teori SWOT dalam melakukan analisisnya. Selain itu, peneliti juga melakukan wawancara dengan beberapa informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kota Pekalongan menggunakan strategi komunikasi seperti menentukan sasaran, informasi dan edukasi (seminar, pelatihan serta konsultasi), dan menggunakan website pribadi sebagai sosialisasi dengan menggunakan media. Selain itu, Kementerian Agama Kota Pekalongan juga mengggunakan model komunikasi untuk sosialisasi seperti media massa (cetak atau elektronik), dan media sosial. Namun, dari survei secara langsung masih banyak masyarakat Kota Pekalongan belum menyadari pentingnya sertifikasi halal bagi pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSu'aidi, HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sertifikasi Halal dan UMKM.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 06 May 2024 08:27
Last Modified: 06 May 2024 08:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item