Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di SDIT Insan Mulia Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Apriliani, Dita (2023) Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di SDIT Insan Mulia Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119199_DITA APRILIANI BAB I-V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2119199_DITA APRILIANI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini terfokus pada metode yang digunakan oleh guru tahfidz dalam pembelajaran hafalan al-Qur’an di SDIT Insan Mulia,. Target yang diberikan oleh pihak sekolah cukup bagus karena ini tingkat sekolah dasar, yakni harus mencapai juz 30 dan 29. Rata-rata siswa yang telah lulus sudah mencapai target yang diberikan. Akan tetapi, untuk mencapai target tidaklah mudah, guru tahfidz membutuhkan metode-metode yang tepat supaya siswa yang masih belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan terkendala waktu yang minim, supaya bisa teratasi. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah diantaranya yakni: bagaimana strategi Guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an di SDIT Insan Mulia, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa SDIT Insan Mulia dan bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa SDIT Insan Mulia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan pendekan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dengan pertanyaan yang spesifik kepada guru tahfidz, kepala sekolah dan siswa untuk dijadikan subjek penelitian karena perannya yang signifikan dalam teknik menghafal al-Qur'an dan sebagai alat pengumpulan data. Hasil dari penelitian dan pembahasan ini : pertama, metode yang digunakan oleh guru tahfidz dalam pembelajaran hafalan al-Qur’an di SDIT Insan Mulia yakni dengan membuat kelompok, pengulangan, tidak berpindah ayat sebelum hafal dan menggunakan metode ummi serta talaqqi. Kedua, faktor pendukungnya adalah motivasi, setiap siswa memiliki semangat yang besar untuk menghafal al-Qur'an yang merupakan amal mulia bagi anak-anak seusianya, pendidik yang bertalenta, lingkungan dan target. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya konsentrasi, keluarga dan lingkunganya, dan alokasi waktu. Ketiga, upaya guru tahfidz dalam mengatasi hambatanya yakni dengan motivasi, memperbanyak muroja’ah dan kerja sama orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode dan Hafalan al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 May 2024 07:07
Last Modified: 06 May 2024 07:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8207

Actions (login required)

View Item View Item