Youtube sebagai media dakwah di era digital (Analisis Terhadap Anza Channel Kh. Anwar Zahid)

Rifqi, M. Alfaynanur (2024) Youtube sebagai media dakwah di era digital (Analisis Terhadap Anza Channel Kh. Anwar Zahid). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420041_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3420041_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di era globalisasi saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi. Masyarakat dengan berbagai cara berusaha memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat membawa perubahan yang cukup besar dan berlangsung demikian cepat. Salah satu bukti kemajuan teknologi yakni munculnya new media atau media baru seperti YouTube yang saat ini menjadi platform nomer satu sebagai media sosial yang digunakan oleh masyarakat dalam mencari atau mengakses sebuah informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penggunaan YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid sebagai media dakwah di era digital dan Bagaimana motif viewer dalam menggunakan YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid. Metode yang digunakan peneliti ialah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana Anza Channel KH. Anwar Zahid menggunakan YouTube sebagai media dakwah di era digital. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: Pertama, Anza Channel KH. Anwar Zahid adalah salah satu kanal yang menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan informasi syiar Islam. Kehadiran platform ini sangat mempermudah pengguna untuk memperkenalkan, menyebarkan, dan memengaruhi masyarakat melalui video yang diunggah oleh pengelola. Anza Channel KH. Anwar Zahid juga memiliki strategi dalam menggunakan media sosial YouTubenya yaitu sesuai teori yang peneliti gunakan teori 4C dari Chris Heurer (Context, Communication, Collaboration, Connection). Kedua, Motif penggunaan YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid dalam memenuhi kebutuhan informasi keislaman di era digital, yaitu meliputi motif informasi berkaitan dengan pemahaman pengguna terhadap informasi keislaman guna menambah ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya. Motif identitas pribadi berkaitan dengan perasaan pengguna ketika menonton konten Anza Channel KH. Anwar Zahid, yaitu memberikan pengguna untuk bisa meningkatkan nilai-nilai kepribadian lewat pemahaman akan pengetahuan keislaman. Motif integritas dan interaksi sosial terkait dengan kebutuhan pribadi yang berkaitan dengan hubungan pengguna dengan teman, keluarga, dan masyarakat umum, yaitu pengguna menggunakan YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid untuk berinteraksi dan tanya jawab antar pengguna YouTube Anza Channel KH. Anwar Zahid maupun mengapresiasi kreator video tersebut. Motif hiburan, pengguna menonton informasi keislaman guna memperoleh kenyamanan, bersantai, dan mengisi waktu luang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, YouTube, Media Dakwah, Uses and Gratification
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 07 May 2024 07:21
Last Modified: 07 May 2024 07:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item