Implementasi NIlai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Tradisi Ro’an di Pondok Pesantren Al-Utsmani Gejlig-Kajen- Pekalongan

Afifatun Ifadah, Melina (2023) Implementasi NIlai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Tradisi Ro’an di Pondok Pesantren Al-Utsmani Gejlig-Kajen- Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119205_MEILINA AFIFATUN IFADAH BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119205_MEILINA AFIFATUN IFADAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter bisa terbentuk dari pembelajaran di keluarga dan juga di luar keluarga salah satunya adalah melalui program pesantren. Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang kompleks dalam menanamkan pendidikan karakter terutama yang berkaitan dengan keagamaan. Salah satu pendidikan yang di terapkan di pesantren adalah adanya tradisi ro’an. Ro’an adalah salah satu jenis kegiatan yang ada di pesantren yang telah menjadi adat istiadat atau tradisi di pesantren mengenai kebersihan lingkungan, penataan ruang lingkungan hidup yang meliputi sanitasi, halaman, taman dan lain-lain yang ada di lingkungan pesantren, juga hal-hal yang berkaitan dengan kerja bakti kubro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana implementasi pendidikan karakter melalui tradisi roan di pondok Pesantren Al-Ustamni Gejlig Kajen Pekalongan. Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian lapangan yakni penelitian yang fokus terhadap subyek penelitian yang berkaitan terhadap fase spesifik dari keseluruhan personalitas, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis, perolehan data berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, catatan lapangan disusun secara langsung di lokasi penelitian dengan menggunakan kata-kata untuk mendeskripsikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui tradisi ro’an di Pondok Pesantrem Ustmani dengan cara membuat jadwal ro’an dan membentuk kelompok. Dari kelompok tersebut akan di tunjuk seorang santri sebagai coordinator yang bertugas mengawasi dan memantau agar kelompoknya menyelesaikan tugas nya secara bersama-sama. Kemudian faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui tradisi ro’an di Pondok Pesantren Al-Utsmani Komplek Rusunawa adalah kesadaran diri masing-masing santri akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar. Kemudian faktor pendukung lain seperti kepemimpinan yang baik dari pendidik, kurikulum dari Pondok yang terintegritas, kemudian lingkungan santri yang mendukung, serta yang terakhir adalah peran dan dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovianti, DirastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dan Tradisi Ro’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 08 May 2024 03:29
Last Modified: 08 May 2024 03:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item