Implementasi Pelayanan Publik Dalam Perizinan Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan.

Fadhlika, Nur Akhfir (2021) Implementasi Pelayanan Publik Dalam Perizinan Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
1517051-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1517051-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelayanan perizinan mengganggunakan sistem manual dikhawatirkan dapat membuat data yang tersimpan pada perangkat komputer menjadi lebih beresiko atau hilang, dan jugs membuat masyarakat harus datang ke Kantor untuk mengetahui persyaratan apa saja yang harus dibawa ketika akan mengajukan permohonan izin, menghabiskan biaya yang cukup besar, dan waktu penyelesaian yang kurang jelas. Sehingga Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan pada bulan Desember 2017 meluncurkan sebuat sistem perizinan berbasis online yaitu Sistem Perizinan Online, Ringkas Dan Ekonomis (SAKPORE) agar masyarakat Kota Pekalongan dapat mengurus perizinan usaha secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelayanan publik dalam perizinan online di DPMPTSP Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui implikasi pelayanan perizinan online di DPMPTSP Kota Pekalongan. Penelitian ini mengganggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder, sumber data primer diperoleh dengan teknis wawancara kepada bagian dinas dan pemohon izin yang ditentukan dengan teknis eccidental sampling dan diperoleh dua orang. Sumber data sekunder berasal dari literatur, buku, jurnal dan regulasi yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian mengumpulkan bahwa implementasi pelayanan publik dalam perizinan online SAKPORE di DPMPTSP Kota Pekalongan dikatakan berhasjl karena membawa perbaikan dan perubahan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, dan implikasi pelayanan perizinan online SAKPORE proses perizinan menjadi lebih cepat, efisien dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofiani, TrianahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, perizinan online, SAKPORE
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.2 Politik Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 342 Constitutional and Administrative Law/Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Tata Negara
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 May 2024 02:07
Last Modified: 13 May 2024 02:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item