Implementasi Penilaian Autentik Pada Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam Di MTS Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015

Fitriyah, Laila (2015) Implementasi Penilaian Autentik Pada Rumpun Mata Pelajaran Agama Islam Di MTS Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111031 LAILA FITRIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2021111031 LAILA FITRIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penilaian merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran agar sebagian besar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Penilaian dalam kurikulum 2013 mengacu pada Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penilaiannya menekankan pada penilaian autentik pada proses dan basil yang mencakup 3 aspek penilaian yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Dari basil pengamatan dan wawancara penulis dengan beberapa guru agama Islam di wilayah Pekalongan, banyak guru yang mengeluhkan penilaian autentik ini ribet dan memberatkan. Penulis memilih penelitian di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan karena MTs ini adalah satu• satunya MTs di Kota Pekalongan yang menerapkan penilaian autentik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penilaian autentik pada rumpun mata pelajaran agama Islam di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian autentik pada rumpun mata pelajaran agama Islam di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan? Adapun tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik pada rumpun mata pelajaran agama Islam di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian autentik pada rumpun mata pelajaran agama Islam di MTs Salafiyab Jenggot Kota Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian adalah sebagai berikut, basil penelitian diharapkan dapat memberi pengetahuan dan wawasan yang baru bagi para pembaca dan bagi penulis sendiri tentang penilaian autentik, basil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi bagi pemerhati bidang pendidikan tentang pelaksanaan penilaian autentik dan upaya meningkatkan mutu pendidikan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dalam mencapai tujuan pendidikan nasional terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan penilaian autentik, basil peneiitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi guru dalam pelaksanaan penilaian autentik tidak hanya pada rumpun mata pelajaran agama Islam saja tetapi juga pada mata pelajaran lain di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan, basil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam penerapan penilaian afektif sehingga dapat dilakukan tindakan untuk lebih meningkatkan kualitas MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. vii Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi penilaian autentik pada rumpun mata pelajaran agama Islam di kelas VII MTs Salafiyah Jenggot kota Pekalongan dapat dikatakan baik. Pada prakteknya, MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan membagi penilaian ke dalam tiga ranah yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga ranah tersebut menggunakan teknik penilaian yang berbeda-beda. Ranah sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jumal. Pada ranah pengetahuan, menggunakan teknik tes tulis, lisan, dan penugasan. Sedangkan pada ranah keterampilan menggunakan teknik tes projek, tes praktik dan portofolio. Faktor pendukung implementasipenilaianautentikpadamatapelajaran agama Islam di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan sebagaimana berikut ini: fasilitas sudah memadai, kesiapan pengurus tentang biaya dan dari sisi gurunya sudah siap, penilaiann ya sudah terperinci. Sedangkan Faktor penghamabat implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran agama Islam di MTs Salafiyah Jenggot Kota Pekalongan adalah sebagai berikut: banyak melibatkan teknologi, terjadi keterlambatan dalam mengumpulkan nilai, memakan banyak waktu, peserta didik belum paham tentang penilaian kurikulum 2013, dan penilaian autentik terlalu rumit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penilaian autentik, pelajaran agama Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:59
Last Modified: 03 Jul 2024 01:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8381

Actions (login required)

View Item View Item