Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang

Arifah, Nurul (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111032 NURUL ARIFAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Text
2021111032 NURUL ARIFAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan antikorupsi merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang kritis terhadap nilai-nilai antikorupsi. pendidikan antikorupsi bukan sekedar media transfer pengetahuan (kognitif), namun juga pada upaya pembentukan karakter (afektif), dan kesadaran moral dalam melakukan perlawanan (psikomotorik), terhadap penyimpangan perilaku korupsi. Penulis memilih penelitian di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang yang menjadi salah satu pilot project untuk menyelenggarakan pendidikan antikorupsi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang? Bagaimana integrasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan integrasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang? Adapun kegunaan penelitian adalah sebagai berikut, hasil penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan antikorupsi dan sebagai bahan informasi bagi pemerhati bidang pendidikan tentang integrasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi di sekolah. Dan diharapkan dapat membantu SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang dalam meningkatkan mutu pendidikannya khususnya pendidikan antikorupsi. Dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang untuk terns mengembangkan pendidikan antikorupsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Wonotunggal terkandung nilai-nilai pendidikan antikorupsi yakni nilai kejujuran, nilai kepedulian, nilai kemandirian, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai kerja keras, nilai kesederhanaan, nilai keberanian, dan nilai keadilan. Integrasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam ketika kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan pengembangan dan inisiatif oleh guru, hal ini dikarenakan belum adanya pelatihan khusus dalam menyusun kurikulum, silabus dan RPP mata pelajaran yang integrasi dengan pendidikan antikorupsi. integrasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi juga dilakukan melalui pengembangan kegiatan kesiswaan dan pembiasaan perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan antikorupsi, pendidikan agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:03
Last Modified: 03 Jul 2024 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item View Item