Mas'udi, M. Aliyul (2019) Upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di MI 03 YMI Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. MI 03 YMI Wonopringgo merupakan lembaga pendidikan yang memberi pendidikan plus kepada para siswa. Di sekolah ini tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan saja, tapi juga memberikan nilai-nilai karakter yang cukup banyak. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter siswa supaya siswa mempunyai nilai-nilai karakter sehingga siswa mempunyai karakter yang baik. Rumusan masalah dalam skripsi ini meliputi: bagaimana upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MI 03 YMI Wonopringgo, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MI 03 YMI Wonopringgo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk kegiatan yang diupayakan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MI 03 YMI Wonopringgo, untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MI 03 YMI Wonopringgo. penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitiannya yakni pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif miles dan huberman. Hasil penelitian ini bahwa bentuk kegiatan yang diupayakan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MI 03 YMI Wonopringgo dapat dilihat dari beberapa kegiatan-kegiatannya yang di golongkan dalam dua program. Program pembiasaan, meliputi: a) berjabat tangan dengan guru, b) berangkat pagi sebelum pukul 07.00 WIB, c) BDS, d) sholat dhuha berjamaah, e) tadaruz juz amma, asmaul husna, dan sholawat 9, f) sholat dzuhur berjamaah, g) piket kebersihan kelas, h)koperasi kejujuran. Dan program sekolah, meliputi: a) lingkungan bersih, b) upacara bendera, c) pramuka, d) kaligrafi, e) drumband, f) rebana, g) belajar komputer, h) shodaqoh qurban, i) jalan sehat, j) PHBI. Faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MI 03 YMI Wonopringgo. Faktor pendukung seperti: tenaga pendidik, peserta didik, tata tertib/ aturan sekolah, orang tua siswa, dan lingkungan yang religius. Sedangkan faktor penghambatnya seperti: masalah biaya, sarana dan prasarana, dan pergaulan siswa di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah dan Nilai-Nilai Karakter di MI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 04:30 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 04:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/840 |
Actions (login required)
View Item |