Qorina, Vira (2024) Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2119048_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2119048_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi berjudul Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Kecerdasan emosional atau EQ adalah kemampuan mengenali perasaan diri kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Kecerdasan emosional dalam diri seseorang dapat mengontrol sikap dan perilakunya karena emosi dikendalikan dengan baik. Sehingga seseorang yang dapat mengendalikan emosinya, maka ia akan menjalani kehidupannya dengan mudah dan tidak mudah putus asa karena dapat memotivasi dan mengerti keadaan dirinya dan sekitarnya. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalahnya (1) Bagaimana pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan? (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa sajakah yang mempengaruhi pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan? Dalam penelitian ini metode yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yakni penelitian lapangan yang dilakukan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara trianggulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi), data yang dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, mendisplay data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah yang dilakukan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan yaitu dengan cara (1) Menyediakan lingkungan yang kondusif, (2) Menciptakan iklim pembelajaran yang demokratis, dan membantu peserta didik menemukan solusi dalam setiap masalah yang dihadapi, (3) Menjadi teladan dalam menegakkan aturan dan melibatkan opeserta didik secara optimal dalam pembelajaran, baik secara fisik, sosial maupun emosional, (4) mengembangkan sikap empati, (5) Merespon setiap perilaku peserta didik secara positif dan menghindari respon negatif. Faktor pendukung dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah yang dilakukan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan antara lain (1) Faktor internal yaitu kesadaran dalam diri siswa, dan (2) faktor eksternal yaitu kerjasama yang baik antar semua pihak, materi/pembelajaran, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat kegiatan antara lain (1) faktor internal yaitu kesadaran siswa yang kurang minat, dan (2) faktor eksternal yaitu keterlambatan waktu, lingkungan siswa, penyalahgunaan handphone.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Kecerdasan Emosional, Latihan Dasar Kepemipinan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:50 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8418 |
Actions (login required)
View Item |