Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Dalam Materi Bangun Ruang Di Smp Satu Atap Gembong

Fitiatin, Fitiatin (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Dalam Materi Bangun Ruang Di Smp Satu Atap Gembong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620070_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2620070_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan literasi matematika dapat dijelaskan sebagai pengetahuan dan penerapan matematika dasar dalam kehidupan seharihari. Selain pengetahuan akademik, literasi matematika juga mencakup kemampuan menggunakan matematika dalam situasi kehidupan seharihari. Namun, Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan kemampuan literasi matematika rendah. Minimnya minat serta kesadaran guru untuk menyiapkan media dalam setiap pembelajaran juga menjadi salah satu indikator rendahnya tingkat kemampuan literasi matematika. Pemberian media pembelajaran berbentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis etnomatematika serta berbantuan Augmented Reality pada materi bangun ruang diharapkan mampu membantu meningkatkan motivasi, dan kemampuan literasi matematika siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana hasil validasi pengembengan LKPD berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality? 2) Bagaimana kepraktisan hasil pengembangan LKPD berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality? 3) Bagaimana keefektifan hasil pengembangan LKPD berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dalam materi bangun ruang sisi datar di SMP Satu Atap Gembong? Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Satu Atap Gembong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dam model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE atau Analyzing, Designing, Developing, Implementing, Evaluating. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika, Augmented Reality, Kemampuan Literasi Matematika, Bangun Ruang.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:30
Last Modified: 20 Aug 2024 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item