Aeni, Nisa (2024) Strategi Inkuiri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV Di MI Muhammadiyah Delegtukang Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317107_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2317107_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian di latarbelakangi bahwa guru akidah akhlak telah menerapkan pembelajaran inkuiri. Hal ini terlihat ketika pembelajaran akidah akhlak terdapat beberapa siswa memiliki rasa percaya diri pada pembelajaran Akidah Akhlak. Peneliti melihat siswa aktif saat guru memberikan pertanyaan, siswa berani pada saat guru meminta maju ke depan kelas menyampaikan pendapat, dan siswa percaya diri menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini mempunyai Rumusan Masalah yaitu, Bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang?. Bagaimana penerapan strategi inkuiri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang?. Apa faktor penghambat dan solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI Muhammadiyah Delegtukang?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kepercayaan diri siswa, a. Keyakinan kemampuan diri terdiri dari: mampu berpendapat, yakin dalam mengerjakan soal, tampil didepan kelas dan percaya diri dalam belajar. b. Ketegasan terdiri dari teguh pendirian dan mampu mengatur kelompoknya. c. Tanggungjawab terdiri dari mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan mengerjakan tugas kelompok secara bersama dan tepat waktu. d. berpikir positif terdiri dari: mengikuti pelajaran meski sangat sulit, memperhatikan guru dan belajar sungguh-sungguh. 2) penerapan strategi inkuiri, a. persiapan terdiri dari menyiapkan RPP, menyiapkan materi, menyiapkan media, menyiapkan bahan ajar dan menyiapkan evaluasi. b. pelaksanaan, terdiri dari kegiatan pendahuluan; kegiatan inti yang terdiri dari orientasi, merumuskan masalah, menentukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan; dan kegiatan penutup c. evaluasi terdiri dari penilaian tes, penilaian non tes dan penilaian lanjutan. 3) Faktor penghambat yaitu a. faktor internal, konsep diri dan pengalaman siswa, b. faktor eksternal: pola asuh orangtua dan lingkungan siswa. c. solusi terdiri dari ketelatenan dan kesabaran guru, komunikasi antara guru dengan wali siswa dan juga komitmen orang tua dalam mendidik anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inkuiri dan Kepercayaan Diri Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:06 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 02:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8488 |
Actions (login required)
View Item |