Analisis Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aljabar Kelas Vii Smp Negeri 1 Karangdadap

Kertapati, Nalanida Fakhroinu (2024) Analisis Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aljabar Kelas Vii Smp Negeri 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619092_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619092_FULL TEXT b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ketersediaan sumber daya pembelajaran yang cukup merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi berfungsinya proses pembelajaran. Selain itu, pembuatan bahan ajar juga harus memperhatikan keistimewaannya, khususnya dalam hal materi yang memberikan tantangan bagi peserta didik. Salah satu materi tersebut adalah aljabar. Faktanya, banyak hasil belajar siswa yang masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan siswa masih kesulitan memahami dasar pengenalan bentuk aljabar dan sifat aljabar. Oleh sebab itu, penting untuk menyediakan sumber daya yang mendukung pembelajaran siswa dan pembelajaran melalui penggunaan modul matematika. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana kualitas modul matematika berbasis problem based learning pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Karangdadap? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas modul matematika berbasis problem based learning pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Karangdadap. Adapun kegunaan dibagi menjadi dua yaitu kegunaan teoritis dan kegunaan praktis yang dimanfaatkan bagi siswa, guru, dan sekolah sebagai alternatif pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A dan VII F SMP Negeri 1 Karangdadap. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran di SMP Negeri 1 Karangdadap dapat diketahui jumlah nilai rata-rata yaitu 2,66 berkriteria “Sangat Baik”, sedangkan penilaian analisis materi dengan rata-rata 4,4 berkriteria “Sangat Baik”, dan dari analisis hasil belajar siswa pada kelas VII, ditemukan bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,7% pada LKM 1 dan sebesar 84,5% pada LKM 2, berdasarkan hasil belajar siswa, modul matematika berbasis problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terkait materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Matematika, Problem Based Learning, Aljabar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:27
Last Modified: 20 Jun 2024 02:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item