Khoeriyah, Faizatul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PPB Pada Materi Pengurangan Bilangan Cacah Kelas 3 SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (951kB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Konsep pengurangan bilangan cacah menjadi bekal peserta didik dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada di kehidupan nyata. Seperti halnya peserta didik yang ketika jam istirahat pergi jajan kekantin, namun peserta didik tersebut tidak mengetahui ada kembalian. Dalam kasus ini peserta didik masih memiliki kemampuan yang rendah dalam berpikir kritis, teliti dan belum memahami konsep pengurangan. Hal ini menjadi titik fokus permasalahan yang diangkat oleh peneliti dalam pembuatan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) di SD Al Azhar 60 Pekalongan. Rumusan masalah yang akan di kaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengurangan bilangan cacah di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan?, 2) Bagaimana kepraktisan LKPD berbasis PBL pada materi pengurangan bilangan cacah di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan?, 3) Bagaimana efektivitas LKPD berbasis PBL pada materi pengurangan bilangan cacah di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kepraktisan dan menguji efektivitas LKPD berbasis PBL pada materi pengurangan bilangan cacah di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan RnD dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan tes. Responden pada penelitian ini yaitu siswa kelas 3B SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data menggunakan metode uji-t berpasangan (paired t-test). Uji Praktikalitas didapat melalui analisis angket praktikalitas yang sudah diisi oleh ahli metode, guru dan siswa. Uji efektivitas menggunakan perhitungan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian ini yaitu pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi pengurangan bilangan cacah kelas 3 di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan mendapat dukungan guru dan merespons keinginan siswa untuk meningkatkan pembelajaran pengurangan bilangan cacah. Hasil uji praktikalitas menunjukkan respons positif dengan presentase 94,17% dan hasil N-Gain skore 0,56 yang mengartikan bahwa LKPD ini efektif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi pengurangan bilangan cacah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 di SD Islam Al Azhar 60 Pekalonga
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja peserta didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Pengurangan | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2024 05:19 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8499 |
Actions (login required)
View Item |