Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Santri Melalui Pembelajaran Kitab Nurul Yaqin di Pesantren Baitul Izzah Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Qonita, Nurul. (2024) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Santri Melalui Pembelajaran Kitab Nurul Yaqin di Pesantren Baitul Izzah Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2120212_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (615kB)
[img] Text
2120212_Full Text.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Qonita Nurul. 2120212. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Santri Melalui Pembelajaran Kitab Nurul Yaqin di Pesantren Baitul Izzah Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Kata Kunci: penanaman, pendidikan karakter, pembelajaran kitab Nurul Yaqin Latar belakang penelitian ini terdiri dari tiga poin. Pertama, bahwa sekarang banyak kasus kemerosotan akhlak terutama pada anak contohnya seperti pembulian, padahal para generasi muda merupakan penerus bangsa dimasa depan. Kedua setelah peneliti meneliti lapangan secara langsung, peneliti menemukan bahwa santri Pondok Pesantren Baitul Izzah memiliki karakter dan sifat berbeda-beda, ada yang baik namun ada juga yang kurang baik. Setelah peneliti melakukan observasi dan wawancara hal tersebut dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan lingkungan tempat santri berasal. Ketiga, di Pondok Pesantren Baitul Izzah ini dilakukan penanaman karakter dengan metode pembiasaan kegiatan sehari-hari yang baik dan melalui pelajaran kitab-kitab klasik sebagai sumber teorinya salah satunya pelajaran kitab Nurul Yaqin yang banyak mengandung nilai karakter yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW sebagai panutan umat islam. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Karakter Untuk Santri di Pesantren Baitul Izzah Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang? 2. Bagaimana Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Pesantren Baitul Izzah Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Melalui Pembelajaran Kitab Nurul Yaqin? 3. Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Santri Melalui Pembelajaran Kitab Nurul Yaqin di Pesantren Baitul Izzah Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Obyek yang diteliti yakni pengasuh pondok pesantren, ustadz pengajar Kitab Nurul Yaqin dan tiga orang santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisiss melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter santri Baitul Izzah sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kitab Nurul Yaqin terdapat beberapa perbedaan, perubahan karakter santri setelah belajar kitab Nurul Yaqin yaitu pertama dengan adanya pembiasaan kegiatan yang bermanfaat dipondok dan contoh perilaku yang baik dari pengasuh, ustadz/ustadzah maupun santri lainnya menjadikan santri termotivasi memperbaiki akhlaknya dengan meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Walaupun masih ada sebagian santri yang belum menerapkan sebagian nilai karakter yang diajarkan. Kedua dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai role model santri menerapkannya karakter beliau dikehidupan sehari-hari, dan banyak perubahan sikap santri kearah positif salah satunya santri menjadi lebih disiplin, mandiri, jujur dan bertanggung jawab. Ketiga faktor pendukung yang penulis dapat di lapangan berdasarkan observasi dan wawancara antara lain: Adanya tenaga pengajar/ustadz yang kompeten, pelaksanaan pembelajaran secara rutin, adanya evaluasi akhir pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya ialah mengantuk dan sulitnya konsentrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufid, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penanaman, pendidikan karakter, pembelajaran kitab Nurul Yaqin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jun 2024 02:45
Last Modified: 22 Jun 2024 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item View Item