Hubungan Antara Implementasi Kode Etik Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 3 Bandar

Maksalena, Khozim (2024) Hubungan Antara Implementasi Kode Etik Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 3 Bandar. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117312_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117312_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penegakkan etika yang menjadi ukuran tinggi rendahnya citra, wibawa, martabat, dan integritas profesi dalam dunia modern atau global. Adanya kode etik dan penegakkan kode etik berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma-norma yang melandasi pelaksanan tugas dan layanan professional guru dalam hubungannya dengan peserta didik, wali siswa, sekolah dan rekan seprofesi, dan organisasi atau asosiasi profesi yang merupakan kunci utama meningkatkan kinerja guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana impleimeintasi kodei eitik profeisi guru di SMP Neigeiri 3 Bandar?, (2) Bagaimana kineirja guru SMP Neigeiri 3 Bandar? (3) Bagaimana hubungan antara impleimeintasi kodei eitik profeisi guru teirhadap kineirja guru di SMP Neigeiri 3 Bandar?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 responden. Jenis analisis yang di gunakan adalah uji korelasi dengan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program SPSS 23. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan hubungan antara implementasi kode etik profesi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Bandar diperoleh nilai koefisien korelasi atau rhitung = 0,894. Berdasarkan nilai interprestasi koefisien korelasi 0,894 berada pada interval 0,80 – 1,000 yang termasuk dalam kategori sangat kuat atau dengan kata lain terjadi hubungan yang sangat kuat antara implementasi kode etik profesi guru terhadap kinerja guru. Perolehan nilai rhitung = 0,894 menunjukkan nilai positif, yang menyatakan bahwa hubungan yang terjadi adalah positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kode Etik Profesi Guru, Kinerja Guru.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:08
Last Modified: 18 Jul 2024 05:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8512

Actions (login required)

View Item View Item