Apriliani, Rini (2024) Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2117304_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
2117304_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang datang untuk memberikan petunjuk kebenaran bagi umat Islam. Al-Qur’an tidak cukup hanya dibaca saja, akan tetapi umat Islam berkewajiban memlihara dan menjaganya yakni dengan cara menghafal Al-Qur’an. Menjadi seorang ahli Al-Qur’an adalah suatu keutamaan, Allah SWT menyebut ahli Al-Qur’an sebagai ahli Allah. Namun menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah, adanya sebagai hambatan dalam menghafal dan menjaga hafalan berdasarkan masing-masing individu. Ada banyak metode yang bisa dikembangkan dalam mencari alternatif terbaik untuk menghafal Al-Qur’an, tentunya untuk bisa menghafal Al-Qur’an memerlukan metode atau cara yang memudahkan dalam usaha-usaha tersebut. Dalam menghafal Al-Qur’an, diperlukan adanya metode yang dapat membantu santri dalam menghafal Al-Qur’an dan dapat memudahkan santri mencapai tujuannya. Hal ini juga dilakukan oleh Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan, dengan tujuan penelitiannya adalah: untuk mengetahui metode menghafal Al-Qur’an di Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini fokus membahas tentang metode apa yang digunakan di Pondok Pesantren Salaf Tafidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang mana sumber data primer yang digunakan berupa hasil wawancara langsung di lapangan, hasil observasi, serta dokumentasi-dokumentasi yang dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat temuan dimana pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salaf Tafidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an yaitu motivasi dari orang tua, motivasi dari diri sendiri, faktor keadaan lingkungan. Sedangkan beberapa faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman ilmu tajwid santri, kurangnya konsentrasi dan semnagat yang terkadang naik turun.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Menghafal Al-Qur’an | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Jun 2024 07:40 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Jul 2024 02:35 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
