Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan

Apriliani, Rini (2024) Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117304_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2117304_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang datang untuk memberikan petunjuk kebenaran bagi umat Islam. Al-Qur’an tidak cukup hanya dibaca saja, akan tetapi umat Islam berkewajiban memlihara dan menjaganya yakni dengan cara menghafal Al-Qur’an. Menjadi seorang ahli Al-Qur’an adalah suatu keutamaan, Allah SWT menyebut ahli Al-Qur’an sebagai ahli Allah. Namun menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah, adanya sebagai hambatan dalam menghafal dan menjaga hafalan berdasarkan masing-masing individu. Ada banyak metode yang bisa dikembangkan dalam mencari alternatif terbaik untuk menghafal Al-Qur’an, tentunya untuk bisa menghafal Al-Qur’an memerlukan metode atau cara yang memudahkan dalam usaha-usaha tersebut. Dalam menghafal Al-Qur’an, diperlukan adanya metode yang dapat membantu santri dalam menghafal Al-Qur’an dan dapat memudahkan santri mencapai tujuannya. Hal ini juga dilakukan oleh Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan, dengan tujuan penelitiannya adalah: untuk mengetahui metode menghafal Al-Qur’an di Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an di Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini fokus membahas tentang metode apa yang digunakan di Pondok Pesantren Salaf Tafidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang mana sumber data primer yang digunakan berupa hasil wawancara langsung di lapangan, hasil observasi, serta dokumentasi-dokumentasi yang dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat temuan dimana pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salaf Tafidzul Qur’an Al-Arifiyah Kota Pekalongan. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an yaitu motivasi dari orang tua, motivasi dari diri sendiri, faktor keadaan lingkungan. Sedangkan beberapa faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman ilmu tajwid santri, kurangnya konsentrasi dan semnagat yang terkadang naik turun.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:40
Last Modified: 24 Jun 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item