Implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran P5 DI SMP Islam Bantarbolang

Syahro, Fatimatus (2024) Implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran P5 DI SMP Islam Bantarbolang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120057_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120057_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lembaga pendidikan memegang kunci utama penanaman karakter dan akhlak peserta didik. Kurikulum Merdeka menyempurnakan penanaman pendidikan karakter siswa dengan profil pelajar pancasila, yang terdiri dari 6 dimensi, tiap dimensi yang dijabarkan secara detail kedalam masing-masing elemen. Yang terdiri dari beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berkebhinekaan global,ggotong royong, mandiri,bbernalar kritis,kkreatif. Salah satu sekolah yang menerapkan tentang implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka adalah SMP Islam Bantarbolang. Rumusan masalah penelitian ini, Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran P5 di SMP Islam Bantarbolang?. Bagaimana upaya program penguatan pendidikan karakter pada pembelaajaran P5dan kegiatan pembiasaan di sekolah SMP Islam Bantarbolang?. Adapun tujuannya untuk mengetahui Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran P5 di Smp Islam Bantarbolang. Bagaimana upaya program penguatan pendidikan karakter pada pembelaajaran P5 dan kegiatan pembiasaan di sekolah SMP Islam Bantarbolang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian bersasal dari kepala sekolah, guru P5, dan peserta didik kelas 7 dan 8 SMP Islam Bantarbolang. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran P5 yang di terapkan dalam tiga langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta upaya program penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran P5 dilakukan penanaman melalui pembelaajaran tema proyek yang diajarkan guru, dan kegiatan pembiasaan sebagai bentuk upaya penguatan pendikan karakter di SMP Islam Bantarbolang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:37
Last Modified: 17 Jul 2024 02:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8533

Actions (login required)

View Item View Item