Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Smpn 1 Kesesi

Mu’arief., Saiful (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Smpn 1 Kesesi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120116_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120116_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Saiful Mu’arief. 2120116. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 1 Kesesi”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ Pendidikan Agama Islam. UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Dr. Failasuf Fadli, M.S.I. Kurikulum Merdeka ialah guru sebagai tenaga pendidik mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mampu membangkitkan semangat belajar agar siswa tidak merasa terbebani oleh materi yang disampaikan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMPN 1 Kesesi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Kesesi Sedangkan Kegunaan penelitian ini adalah sebagai acuan guru PAI, pihak sekolah dan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di SMPN 1 Kesesi, sumber data Primer dalam penelitian ini adalah guru PAI, siswa kelas VII, Modul Ajar, untuk Informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah, WAKA Kurikulum. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dilaksanakan melalui 3 tahap, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran kurikulum merdeka, berupa penilaian sumatif dan formatif. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI, faktor pendukung diantaranya sekolah sudah mempersiapkan dari awal untuk pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dan sarana prasarana dalam pendukung implementasi kurikulum Merdeka, faktor penghambat yakni diantaranya: sulitnya mengubah kebiasaan lama dari kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang kurang optimal, guru PAI merasa kesulitan dengan berbagai macam gaya belajar siswa yang bervariasi. Permasalahan yang terakhir adalah jam pembelajaran PAI yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:27
Last Modified: 25 Jun 2024 02:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item View Item