Analisis strategi bersaing home industry Batik Faaro Pekalongan dalam perspektif etika bisnis islam

Khasanah, Nur (2019) Analisis strategi bersaing home industry Batik Faaro Pekalongan dalam perspektif etika bisnis islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dewasa ini perusahaan dihadapkan pada kondisi persaingan yang semakin meningkat dalam keterbukaan bisnis. Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif dengan menawarkan sesuatu yang bernilai lebih dibanding yang dilakukan pesaing. Selain itu dalam bersaing harus meneladani nilai etika bisnis islam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW mengingat bahwa pemilik dan produsen-produsen Batik FAARO adalah seorang muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bersaing di Home Industry Batik FAARO Pekalongan dan bagaimanakah strategi bersaing di Home Industry Batik FAARO Pekalongan dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data penulis melakukan validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing diferensiasi yang dilakukan yaitu pada bahan yang digunakan untuk produksi batik, yaitu degan menggunakan katun saten karena produk itu berbeda dengan yang lainnya serta jarang digunakan oleh produsen batik lainnya dan tidak mudah ditiru karena ketersediaan bahannya yang masih langka. selain itu motif yang digunakan adalah hasil dari padupadan antara motif klasik dengan modern sehingga batik akan terkesan modern dan bukan pakaian orang jaman dulu lagi. Inovasi inilah yang dicoba oleh Batik FAARO dalam mengembangkan produknya agar bisa terus survive dan berkembang. Sedangkan strategi bersaing yang dilakukan oleh Batik FAARO sudah sesuai dengan perspektif Etika Bisnis Islam mulai dari cara menghadapi pesaing, produk yang diciptakan, pelayanan, dan Kontribusi terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:23
Last Modified: 22 Jun 2020 07:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item